WISH Bagi Kualitas SDM Indonesia

WISH Bagi Kualitas SDM Indonesia
 (Dok. Kabar7)
 11 Agustus 2018 16:11:56 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Program beasiswa bagi sumber daya manusia (SDM) terbesar di Indonesia digelar hari ini, Sabtu 11 Agustus 2018 di kompleks Kementrian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) RI Jakarta. Beasiswa dunia guna tingkatkan kualitas SDM Indonesia ini dihadirkan World Indonesia Scholarship (WISH) dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke -73.

"WISH Forum 2018 ini sebuah acara sosial yang berfokus pada isu pengembangan program beasiswa bagi masyarakat Indonesia. Kegiatan ini juga menjadi event beasiswa terbesar di Indonesia, yang digelar sekaligus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-73," kata Ketua Komite WISH Forum 2018, Dwi Andayani di tengah-tengah acara gelar beasiswa dunia tingkatkan SDM Indonesia di kompleks Kantor Kemendikbud, Sabtu (11/8/2018).

Dwi Andayani menyatakan, "Creating Indonesia's Golden Generation" Jakarta, WISH Forum 2018 yang dihadirkan di kompleks Kemendikbud RI Jakarta (Gedung A, C, D dan Aula Perpustakaan Kemendikbud).

Hal Ini hasil karya bersama dan kolaborasi dari berbagai organisasi dan komunitas yang peduli terhadap peningkatan kualitas SDM Indonesia melalui berbagai program beasiswa.

Di antaranya Asosiasi Dosen Indonesia (ADI), Indorelawan, Komunitas Beasiswa Indonesia (Indonesian Scholarship Community), Sahabat Beasiswa, PPI Dunia, Mata Garuda LPDP, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta.

Serta, PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Pusat, PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia), Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE), Indonesian Diaspora Network (IDN) Global, IYOIN, Britzone, Indonesia Mengglobal, BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) seluruh Indonesia.

"Selain itu ada Fakta Bahasa, Klikcoaching.com, Infonesia, Schollars, Schoters, Jaringan Semua Murid Semua Guru, dan didukung DPD RI, Kemendikbud dan Kemenristekdikti, Kementerian Agama, LPDP, Paragon Technology and Innovation, Dompet Dhuafa, Bank Mahasiswa Indonesia, BBM-Emtek Group, dan sebagainya," tambah Dwi Andayani, yang juga Kepala Sekretariat Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) ini.

Muhammad Fadhli selaku Wakil Ketua Komite WISH Forum menuturkan, kegiatan ini akan memfasilitasi 73 lembaga beasiswa dalam dan luar negeri.

"73 lembaga, ini dalam rangka 73 tahun Republik Indonesia. Jadi diharapkan akan memfasilitasi 10.000 peserta yang ditargetkan akan hadir. Terdiri dari pelajar dan orangtuanya, mahasiswa, difabel, guru, dosen, karyawan, jurnalis dan para Scholarship Hunter yang akan mengikuti seluruh rangkaian acara secara gratis," terang M Fadli.

"Di event ini peserta juga dapat berkonsultasi dengan lembaga pemberi beasiswa (dalam dan luar negeri) di Indonesia. Jadi, kegiatan ini sangat penting, karena akan menggali potensi, tantangan dan polemik yang biasanya ditemui pada program-program beasiswa di Indonesia. Ini harus menjadi perhatian bersama sehingga menghasilkan solusi-solusi untuk pengembangan program-program beasiswa di Indonesia ke depannya, demi peningkatan kualitas SDM Indonesia secara keseluruhan," tandas Fadhli.

Acara yang menghadirkan berbagai narasumber dari perwakilan Pemerintah RI, organisasi dan komunitas serta lembaga pemberi beasiswa perwakilan dari lima benua di dunia ini, kata Fadli, ingin mengajak keterlibatan publik, untuk terus mendukung pemerataan dan pengembangan program beasiswa di Indonesia, sehingga menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Salah satu keterlibatan publik yang dapat dilakukan adalah melalui penyebaran kuesioner online: "Aspirasi Beasiswa Indonesia" yang dapat diakses di bit.ly/aspirasibeasiswaindonesia.

Kuiesioner bakal disebarkan ke masyarakat Indonesia di 34 provinsi dan warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri, dimana hasil rangkuman kuesioner tersebut akan dibahas dalam kegiatan forum beasiswa.

World Indonesia Scholarship (WISH) Forum 2018 mengangkat tema "Creating Indonesia's Golden Generation" dengan Sub Tema, “Beasiswa Dunia Tingkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia".

Ketua Umum ICMI (ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia) Prof Dr Jimly Asshiddiqie SH berharap, forum ini dapat dihadiri semua pihak karena acara ini sangat bagus mengenai beasiswa.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi gerakan nasional beasiswa untuk generasi muda Indonesia menuju kemajuan Indonesia masa depan," harap Jimly Asshiddiqie.

(k7-1)


Berita Terkait