Urusan Kemanan dan Ekonomi Ibarat Dua Sisi Mata Uang

Urusan Kemanan dan Ekonomi Ibarat Dua Sisi Mata Uang
 Kapolri Jenderal Tito Karnavian (istimewa)
 20 November 2017 13:57:28 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Stabilitas keamanan akan berdampak pada kondusifnya iklim ekonomi yang positif dan berkembang dengan baik. Untuk itu Polri selalu siap menjaga keamanan agar perekonomian nasioanl kondusif.

Demikian sambutan yang disampaikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat membuka perdagangan saham di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Senin (20/11/2017).

"Memang urusan keamanan dan ekonomi ibarat dua sisi mata uang yang memiliki nilai. Ekonomi tidak akan berjalan tanpa jaminan keamanan," kata Kapolri di Gedung BEI, Jakarta, Senin (20/11/2017).

Sebaliknya, lanjut Tito, jika kondisi ekomoni tak stabil, dampaknya juga akan berpengaruh terhadap keamanan. Tapi kalau ekonomi stabil, maka keamanan juga stabil.

"Sebaliknya, keamanan juga ditentukan oleh stabilitas ekonomi, kalau rakyat cukup makan, perutnya kenyang relatif masalah keamanan cenderung lebih baik, gangguan keamanan menurun," sebutnya, dilansir dari Kompas.

Dengan diberikan kesempatan pada pembukaan perdagangan bursa kali ini, Tito menyatakan pentingnya pembangunan ekonomi ke depan dengan kolaborasi semua pihak termasuk pasar modal.

"Kita bisa menyamakan pendapat, pikiran, visi, misi bahwa dua sisi ini, antara ekonomi dan keamanan harus kolaborasi," jelasnya.

(**)