Untuk Tekan Harga, Koordinasi Tol Laut Akan Ditingkatkan

Untuk Tekan Harga, Koordinasi Tol Laut Akan Ditingkatkan
 (*)
 16 September 2017 12:14:44 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Kementerian Perhubungan akan terus meningkatkan koordinasi penggunaan tol laut guna meningkatkan pengiriman barang melalui jalur tersebut.

Hal itu dibahas dalam rapat koordinasi kementerian di bawah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yang dipimpin Luhut Binsar Pandjaitan.

"Tadi tol laut saja yang dibahas, supaya lebih koordinatif semua stakeholdernya. Jadi kita minta katakanlah, BUMN, mendorong lagi agar barang-barangnya dikonsentrasikan di tol laut, misalnya semen, beras, mungkin bisa kita reroute," ucap Menteri Perhubungan Budi Karya di Jakarta, Jumat (15/9/2017).

Mantan Direktur Angkasa Pura II ini menerangkan, peningkatan koordinasi tersebut diharapkan dapat menekan biaya pengiriman ke daerah dan perbedaan jarak pengiriman barang.

"Ya, koordinasi dapat menekan biaya logistik. Kalau disparitas masih dalam perhitungan," ungkap Budi Karya dikutip dari Tribunnews.

Selain itu, Budi Karya juga menyebutkan pelayanan di pelabuhan juga akan ditingkatkan. Agar waktu tunggu kontainer di pelabuhan atau dwelling time dapat berkurang.

"Nanti kita wajibkan hari minggu tetap masuk. Sekarang kan hari Minggu libur. Jadi tujuh hari kerja. Kalau cuma 5 hari kerjanya kan jadi penumpukan barang kan," tuturnya.

(**)