Tompi Bicara Mengenai Proses Operasi Plastik

Tompi Bicara Mengenai Proses Operasi Plastik
 Tompi (istimewa)
 03 Oktober 2018 10:48:08 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Kicauan Tompi di akun Twitter yang menyebut bengkak pada wajah aktivis Ratna Sarumpaet bukan disebabkan pemukulan, melainkan reaksi yang timbul pascaoperasi menuai kontroversi dan beragam tanggapan dari warganet.

Selain sebagai penyanyi, Tompi memang dikenal sebagai dokter bedah plastik. Lewat akun Twitternya, pelantun lagu "Lulu & Siti" ini pun memberikan informasi mengenai bedah plastik.

"Setiap operasi dengan sayatan pasti akan meninggalkan bekas. Operasi bedah plastik itu bukan tidak berbekas, tapi bisa disembunyikan bekasnya. Jadi kalau orang di operasi tapi nggak ngaku bisa aja. Tapi bekasnya akan berbicara," tulis Tompi seperti dikutip dari akun Twitter @dr_tompi, Rabu (3/10/2018).

Tompi kemudian melanjutkan kicauannya mengenai operasi kantung mata, termasuk soal efek yang ditimbulkan setelahnya.

"Kalau operasi kantung mata sayatannya di bawah bulu mata, melebar sedikit ke ujung sisi kanan kiri. Biasanya kalau dilihat jarak dekat sekali baru akan paham ada bekas parut garis halus. Kalau lihatnya jarak baca nggak kelihatan. Apalagi pakai mata awam," lanjutnya.

Tompi juga menuliskan setiap operasi menimbulkan bekas yang biasa disebut parut dalam dunia medis. Parut tersebut menimbulkan reaksi berupa kemerahan, gatal, dan agak timbul.

"Bekas operasi itu namanya parut. Parut itu nggak langsung 'halus' ada fase awal namanya parut muda, bisa beberapa bulan sejak abis operasi. Biasanya kemerahan, gatal, menimbulkan sedikit. Awam menyebutnya keloid, padahal bukan. Keloid beda dengan parut muda atau bahkan parut jelek," jelas Tompi.

"Seiring waktu parut muda ini akan matang menjadi halus, rata, pucat dan tidak gatal. Pun demikian tetap kelihatan (dalam jarak sangat dekat/makro)," tutupnya.

Tompi menyebut pasien mengalami reaksi bengkak pascaoperasi plastik.

"Semua pasien pascaoperasi plastik pasti bengkak. Gambarannya ya begitu," kata Tompi saat dihubungi Antara, Rabu (3/10).

Meski Tompi mengatakan bengkak pada wajah Ratna Sarumpaet akibat reaksi yang timbul bekas operasi, namun dia mengatakan hal tersebut perlu ditelusuri lagi ke Rumah Sakit tempat ibu Atiqah Hasiholan dirawat.

"Lebih baik telusuri RS-nya cari tahu bener nggak ke situ," ujarnya.

Seorang warganet menanggapi kicauan Tompi, "Sebaiknya Anda datang memeriksanya, baru kemudian beropini Dok..."

"I wish," jawab Tompi.

(antara)