TIM AHOK-DJAROT BUAT RELAWAN CINTA DAMAI

TIM AHOK-DJAROT BUAT RELAWAN CINTA DAMAI
 ilustrasi (dok. kb7)
 09 Maret 2017 18:26:24 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Tim pemenangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat inginkan pencoblosan putaran kedua Pilkada DKI Jakarta berjalan aman.

Untuk ikut berpartisipasi terkait keamanan tersebut, tim pemenangan pasangan petaha itu membentuk relawan cinta damai (RCD).

Wakil Ketua Tim Kampanye Ahok-Djarot, Muhammad Sangaji mengatakan anggota relawan tersebut berjumlah 10 ribu orang. Mereka nanti akan disebar untuk menjaga tempat pemungutan suara (TPS) agar tidak terjadi kecurangan saat hari pencoblosan.

"Biarkan warga ibu kota, memilih di TPS sesuai dengan hati nurani masing-masing. Jumlahnya, ada 10 ribu orang dibagi lima wilayah di Jakarta," kata pria yang akrab disapa Ongen Sangaji saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (9/3/2017), dikutip dari Tribunnews.

10 ribu anggota itu nanti dibagi 2 ribu untuk masing-masing wilayah. Mereka bertugas mengamankan saksi dan pemilih pasangan nomor urut dua.

Ongen pun menyebutkan 10 ribu anggota RCD itu kini sedang dilatih kemampuan bela diri, kedisiplinan, sopan-santun, dan kecepatan jika terjadi sesuatu di TPS.

"Mereka siap amankan dan menindak yang melakukan intimidasi serta buat onar di TPS," katanya.

Selain itu, anggota RCD ini juga akan diberikan pembekalan untuk ikut menjaga ketertiban hingga keamanan dihari pencoblosan.

"Pokoknya, ada yang melakukan ancaman langsung bergerak cepat. RDC dilarang bawa senjata apa pun. Semua, tangan kosong," katanya.

Namun dia menegaskan, relawan ini dibentuk bukan untuk jago-jagoan. Melainkan untuk memberikan rasa aman pada Pilkada DKI.

"Apa pun yang terjadi dengan RDC, saya yang bertanggungjawab. Ini sama sekali tidak ada kaitan dengan tim kampanye Ahok-Djarot," tuturnya.

(**)