Tiga Dari Tujuh Daerah di Papua Yang Ikut Pilkada, Rawan Konflik

Tiga Dari Tujuh Daerah di Papua Yang Ikut Pilkada, Rawan Konflik
 Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli (istimewa)
 16 Oktober 2017 13:14:35 wib
Share :

Kabar7, Jayapura - Tujuh kabupaten/kota di Papua akan mengikuti pilkada serentak 2018. Dari tujuh daerah, Kapolda Papua Irjen Polisi Boy Rafli menilai ada tiga daerah di antaranya yang rawan konflik.

Disebutkan Boy Rafli, tiga daerah tersebut yakni Mimika, Jayawijaya, dan Paniai. Sedangkan sisa daerah yang mengikuti Pilkada nanti, yaitu Kabupaten Mamberamo Tengah, Puncak, Biak Numfor dan Kabupaten Deiyai. Selain itu Provinsi Papua juga ikut dalam pilkada 2018 ini.

Boy Rafli menyebutkan, rawannya ketiga daerah itu akibat kemungkinan adanya gesekan antarpendukung yang diawali pengelompokan masyarakat. Untuk itu, Boy Rafli akan mengerahkan pihaknya untuk melakukan pencegahan potensi konflik.

Ia juga berharap agar para pasangan calon kepala daerah yang maju dalam pilkada 2018 nanti, dapat mengarahkan pendukungnya agar tidak melakukan tindakan yang berpotensi menimbulkan gesekan antara pendukung lainnya.

Selain itu, Polda Papua akan mengandeng pula tokoh masyarakat hingga agama, untuk berperan aktif memberikan pemahaman kepada masyarakat agar semua Pilkada di Papua dapat berjalan dengan aman .

Sementara, ketika ditanya apakah gangguan dari kelompok bersenjata terus mengganggu pilkada di Papua, Kapolda Irjen Boy mengatakan, kemungkinan itu bisa saja namun pihaknya akan berupaya agar pilkada 2018 berlangsung aman.

"Polisi akan merangkul seluruh elemen masyarakat agar gesekan antar para pendukung tidak terjadi," harap Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli, di Jayapura, Senin (16/10/2017), dikutip dari Antaranews.

(**)