Tidak Ada Deklarasi, Relawan Jokowi Bubarkan Diri

Tidak Ada Deklarasi, Relawan Jokowi Bubarkan Diri
 Tugu Proklamasi (istimewa)
 09 Agustus 2018 22:47:09 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Relawan pendukung calon presiden Joko Widodo membubarkan diri dari pelataran Tugu Proklamasi, Jakarta, Kamis (9/8/2018) sekitar pukul 19.00 WIB, setelah mendapat kabar tidak ada deklarasi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Joko Widodo.

Para relawan pendukung Joko Widodo (Jokowi) berkumpul di pelataran Tugu Proklamasi, di Jalan Proklamasi, Jakarta, Kamis (9/8), sejak sekitar pukul 16:00 WIB untuk bersama-sama mendeklarasikan nama cawapres pendamping Jokowi.

Para relawan dari beberapa organisasi relawan Jokowi, tampak meramamaikan pelataran Tugu Proklamasi, baik menggunakan pakaian seragam maupun tidak.

Selain itu, para wartawan dan awak media juga terlihat cukup banyak meramaikan pelataran Tugu Proklamasi. Bahkan, wartawan dari media televisi sudah menempatkan kamera dan tripodnya di pelataran yang berhadapan langsung dengan patung Soekarno dan Muhammad Hatta.

Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Masinton Pasaribu yang tampak bersama para relawan mengatakan, diri hadir ke pelataran Tugu Proklamasi karena mendapat informasi, bahwa Jokowi bersama para ketua umum partai politik mitra koalisi akan mengumumkan nama cawapres di lokasi tersebut.

"Saya mendapat beberapa informasi soal pengumuman nama cawapres. Ada informasi yang menyebut di sini, ada yang menyebut di Restoran Pelataran, serta di Gedung Joang," katanya.

Menurut Masinton, dirinya terus memonitor perkembangan informasi dan jika dapat informasi bahwa pengumumannya dilakukan di tempat lain, maka dirinya akan segera berpindah ke lokasi pengumuman.

Pada sekitar pukul 18.30 WIB, sudah beredar informasi, bahwa Jokowi sudah mengumumkan nama cawapres yang akan mendampinginya, yakni KH Ma'ruf Amin, di Restoran Pelataran, Menteng Jakarta.

Capres Joko Widodo bertemu dengan para ketua umum dan sekretaris jenderal dari sembilan partai politik koalisi pendukung dirinya, di Restoran Pelataran yang dijadwalkan mulai pukul 16.00 WIB.

Pertemuan berlangsung tertutup, sementara para wartawan dan awak media menunggu di luar restoran.

Usai pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan kepada pers, nama cawapres pendampingnya. Beberapa stasiun televisi bahkan menyiarkannya secara langsung.

Seorang relawan yang menunggu di pelataran Tugu Proklamasi, Lily mengatakan, deklarasi nama cawapres batal dilakukan di sini, karena sudah di umumkan Jokowi di Restoran Pelataran di Menteng.

"Bahkan ada stasiun televisi yang menyiarkannya secara langsung," katanya.

Beberpa relawan mengatakan, nama cawapres yang diumumkan Jokowi yakni, KH Ma'ruf Amin, di luar perkiraan mereka, yang semula memperkirakan Dr. Mahfud MD.

(antara)