Teknis Sidang Novanto Otoritas Pengadilan Tipikor

Teknis Sidang Novanto Otoritas Pengadilan Tipikor
 Tersangka Kasus Korupsi e-KTP, Setya Novanto (istimewa)
 12 Desember 2017 16:02:13 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Komisi Pemberantasan korupsi (KPK) mengatakan teknis persidangan korupsi merupaka otoritas Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Termasuk persidangan perkara dugaan korupasi e-KTP atas terdakwa Setya Novanto.

"Soal persidangan, itu kan mereka (Pengadilan Tipikor) yang punya otoritas, bukan kita," ucap Wakil Ketua KPK, Saut Sitimorang, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (12/12/2017).

Namun Saut berpendapat, sebaiknya persidangan Novanto bisa disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi kepada masyarakat agar dapat mengetahui perkara tersebut.

"Ya gitu, kalau saya bisa kasih pendapat, karena ini kan serba era transparansi, good corporate government, itu kan transparansi dan lagi enggak ada yang tertutupi lagi kan. Semua terbuka," kata Saut Situmorang, dilansir dari Tribunnews.

Dilain tempat, Humas Pengadilan Tipikor Jakarta Ibnu Basuki Wibowo menyatakan, sidang perkara ini dibuka untuk umum tapi televisi tidak boleh menyiarkannya secara langsung.

Hal itu mengacu pada ketentuan Ketua PN Jakarta Pusat nomor W10.VI/KP.01.1.1705XI.2016.01 tentang pelarangan peliputan atau penayanangan langsung persidangan yang diterbitkan 4 November 2016.

“Sidang terbuka untuk umum, cuma tidak live saja," kata Ibnu di Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat, Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Untuk diketahui, sidang perdana kasus yang menjarat Novanto akan digelar pada Rabu (13/12/2017) besok, di Pengadilan Tipikor, Jakarta. Guna kepentingan sidang itu, Novanto dan berkas perkaranya diserahkan ke Pengadilan.

(**)