Taman Nasional Komodo Siapkan Tiket Berbasis Aplikasi

Taman Nasional Komodo Siapkan Tiket Berbasis Aplikasi
 Ilustrasi (istimewa)
 26 Agustus 2018 13:25:03 wib
Share :

Kabar7, Kupang - Balai Taman Nasional (TN) Komodo menyiapkan sistem layanan tiket wisata berbasiskan sistem aplikasi daring untuk memudahkan wisatawan datang ke destinasi wisata Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, itu.

"Sementara kami sedang mempersiapkan instrumennya sehingga nantinya pembelian tiket wisata ke Taman Nasional Komodo bisa diakses melalui aplikasi online," kata Kepala Balai TN Komodo Budi Kurniawan ketika dihubungi dari Kupang.

Ia mengatakan, pihaknya sedang menyusun sistem pemantauan secara daring (online monitoring system) untuk sejumlah kemudahan bagi wisatawan yang akan berwisata ke habitat satwa purba komodo (varanus komodoensis) itu.

Sistem ini, lanjutnya, akan memudahkan wisatawan dalam mekanisme pembayaran tanpa kas, serta dalam hal mendapatkan informasi terkait destinasi wisata tersebut.

"Nanti ada tahapannya sebelum sistem diterapkan, termasuk kami sosialisasi terlebih dahulu," katanya.

Budi menjelaskan, arus kunjungan wisatawan ke TN Komodo seiring waktu terus membeludak sehingga sistem pelayanan perlu ditata untuk kemudahan dan kelancaran bagi wisatawan.

Pihaknya mencatat jumlah kunjungan wisatawan domestik dan asing pada semester pertama tahun 2018 (Januari-Juni) mencapai 80.598 orang. Jumlah kunjungan ini terkoreksi meningkat dibandingkan periode yang sama di tahun 2017 yang tercatat sebanyak 57.783.

Untuk itu, lanjutnya, ke depan pihaknya akan menerapkan pola kunjungan dengan sistem kuota yang dibagi untuk setiap spot wisata.

"Sistem kuota ini disesuaikan dengan hasil kajian daya dukung kawasan sehingga kunjungan wisatawan yang membeludak tidak mengancam kehidupan satwa komodo maupun kekayaan ekosistem lain di dalamnya," katanya.

(antara)


Berita Terkait