Tahun Depan Pemerintah Turunkan Suku Bunga KUR Menjadi 7 Persen

Tahun Depan Pemerintah Turunkan Suku Bunga KUR Menjadi 7 Persen
 ilustrasi (istimewa)
 10 Oktober 2017 14:43:36 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, mengatakan suku bunga kredit usaha rakyat (KUR) akan diturunkan dari 9 persen menjadi 7 persen pada tahun depan.

"Tahun depan kita akan turunkan KUR dari 9 persen menjadi 7 persen," kata Darmin di komplek Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/10/2017), dikutip dari Tribunnews.

Turunnya suku bunga KUR dipastikan tidak membebankan perbankan terhadap rendahnya biaya bunga. Sebab pemerintah akan menamahkan subsidi untuk menggantikan bungan yang rendahkan.

"KUR kreditnya pemerintah, kalau 7 persen, berarti subsidinya segini, itu saja, kami tidak menyuruh bank berkorban," ujar Darmin tanpa menyebutkan jumlah subsidi KUR.

Darmin berharap masyyarakat dapat memanfaatkan penurunan bunga KUR ini untuk kegiatan usahannya, mulai dari peremajaan, pembelian bibit dan lain-lain.

Untuk diketahui, tahun ini ditargetkan penyaluran KUR sebesar Rp 110 triliun dan realisasi hinga Agustus 2017 telah mencapai Rp 61,14 triliun yang disalurkan kepada 2.734.490 kreditur.

(**)