Somalia Akan Deklarasikan Perang Melawan al-Shabaab

Somalia Akan Deklarasikan Perang Melawan al-Shabaab
 (*)
 21 Oktober 2017 18:33:23 wib
Share :

Kabar7, Istanbul (Turki) - Sebuah bom truk besar meledak di Ibukota Somalia, Mogadishu, Sabtu pekan lalu. Insiden tersebut telah menewaskan sedikitnya 358 orang dan melukai orang lebih banyak lagi.

Kelompok al-Shabaab dianggap pihak yang berada dibalik serangan paling mematikan tersebut.

Pejabat militer Somalia menyatakan, atas serangan itu, Presiden Somalia Mohamed Abdullahi Mohamed akan mengumumkan "perang" melawan kelompok teror al-Shabab.

Pejabat militer yang menyatakan itu tak ingin identitasnya disebutkan karena dia bukan orang yang berwenang untuk mengatakan hal itu seperti dikutip Sindonews dari Anadolu, Sabtu (21/10/2017).

Lanjutnya pejabat tersebut mengatakan bahwa pemerintah Somalia mengharapkan Amerika Serikat (AS) untuk memainkan peran "suportif" dalam sebuah serangan baru yang akan diluncurkan presiden pada Sabtu.

Sementara juru bicara Angkatan Darat Somalia Kapten Abdullahi Iman mengatakan melalui serangan tersebut, pemerintah bertujuan untuk melenyapkan milisi dari "benteng" al-Shabab yang terletak di wilayah Lower Shebelle dan Central Shabelle di Somalia selatan.

(**)