Sinergikan Pertahanan dan Keamanan, Bakamla Kunjungi Ditjen Strahan Kemenhan

Sinergikan Pertahanan dan Keamanan, Bakamla Kunjungi Ditjen Strahan Kemenhan
 (Dok. Puspen)
 14 April 2018 17:27:44 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Direktur Strategi Badan keamanan laut RI Laksma TNI Muspin Santoso memimpin rombongan Bakamla RI dalam kegiatan kunjungan strategis ke kantor Direktorat Kebijakan dan Strategi, Ditjen Strahan, Kementerian Pertahanan, pada Jumat (13/4).

Kasubag Humas Bakamla RI, Mayor (Mar) Mardiono di Jakarta, Sabtu (14/4/2018), menyebutkan bahwa kunjungan tersebut diterima Direktur Kebijakan dan Strategi, Kemhan, Kolonel Inf Bambang Erwin Tetuko beserta jajaran pejabat eselon 3 dan staf Dit Jakstra Kemhan.

Mardiono menerangkan, mengawali pertemuan tersebut Laksma Muspin menyampaikan bahwa maksud kunjungan ini selain untuk memperkuat sinergitas Bakamla RI dengan Kemhan, juga untuk menjaring kerja sama strategis yang berkaitan dengan kegiatan Bakamla RI di laut dengan K/L terkait,

"Khususnya pelaksanaan fungsi Bakamla sebagai komponen cadangan, serta dalam rangka penguatan proses penyusunan strategi keamanan laut sebagai implementasi tupoksi Bakamla," ujarnya.

Dia menjelaskan, melalui paparan dan diskusi yang berlangsung Jumat (13/4) di ruang rapat Dit Jakstra lantai 4 Gedung Ahmad Yani dibahas beberapa hal penting di antaranya, diharapkan Bakamla RI menjadi mitra Kemhan dalam menyusun kebijakan dan strategi pertahanan nirmiliter khususnya di laut.

"Karena sejatinya domain pertahanan-keamanan terintegrasi-tersinergi. Bakamla RI juga diharapkan dapat terus meningkatkan kapabilitas kelembagaannya sebagai komponen utama pada masa damai di laut guna mengantisipasi tren ancaman nirmiliter yang berevolusi pada domain maritim," jelasnya.

(andreas)