Siap-Siap Fotonya Dipajang Kalau Buang Sampah Sembarangan

Siap-Siap Fotonya Dipajang Kalau Buang Sampah Sembarangan
 (*)
 19 September 2017 13:44:32 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Sesuai Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta tahun 2013 terkait membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda dari Rp 100 hingga Rp 10 juta.

Selain hukuman denda, Pemprov DKI juga berencana untuk menerapkan sanksi sosial berupa pemasangan foto pelaku yang ketangkep membuang sampah tidak pada tempatnya.

Rencana pemasangan foto pelaku awalnya ingin dipajang menggunakan spanduk. Namun Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa berpendapat, foto pelaku lebih efesien dipajang dalam media sosial.

"Sekarang eranya sudah social media (socmed), mungkin akan lebih bagus kalau kita pakai socmed," kata Isnawa di Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2017).

Diterangkan Isnawa, dipilihnya media sosial sebagai sarana menyebarluaskan foto pelaku yang membuang sampah sembarangan juga akan menghemat biaya.

"Pakai spanduk kayaknya pertama pasti biaya. Kedua kita taruh di mana? Kan bagi pelaku mereka nggak tahu dipampang atau nggak," pungkasnya dikutip dari Detik.

Sementara untuk memberi efek jera kepada pelaku yang membuang sampah sembarangan, pihak Pemprov DKI telah melakukan oprasi tangkap tangan (OTT). Bila ada pelaku yang terjaring oprasi tersebut, maka langsung dikenakan denda.

(**)