Satgas Shearwater Sampaikan Patkor Bersama Australia Saat Bertemu Bupati MTB

Satgas Shearwater Sampaikan Patkor Bersama Australia Saat Bertemu Bupati MTB
 (dok. Humas Bakamla RI)
 28 Agustus 2017 10:07:25 wib
Share :

Kabar7, Saumlaki - Kasubdit Perencanaan dan Evaluasi Operasi Laut Bakamla RI Kolonel Laut (P) Patkuryanto selaku Komandan Satgas Shearwater IV secara tidak senggaja bertemu Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB) Petrus Fatlolon di Bandara Udara Mathilda Batlayeri, Saumlaki, Jumat (25/08/2017) kemarin.

Saat itu, Dan Satgas Shearwater IV sedang dalam penjemputan rombongan tim Operasi Udara Bhuana IV dari Tual, ketika bertemu dengan Bupati MTB yang baru saja mendarat dalam perjalanannya dari Jakarta.

Pada kesempatan tidak terduga ini, Kolonel Laut (P) Patkuryanto menyampaikan maksud dan tujuan berada di Saumlaki, yaitu bahwa saat ini Bakamla RI sedang melaksanakan operasi bersama dengan Australia dalam Patkor Shearwater IV.

"Dalam Operasi Bersama ini tidak hanya unsur laut yang terlibat melainkan juga ada unsur udara Bakamla RI," imbuhnya.

"Beberapa hari lalu kami berkunjung ke kantor Bupati dan disambut hangat oleh Sekda MTB Pieterson Rangkoratat," ujarnya kemabali.

Kunjungan tersebut dalam rangka 'kulonuwon' karena menggunakan pelabuhan umum Saumlaki sebagai tempat sandar kapal Bakamla RI, jelas Patkuryanto lebih lanjut.

Menanggapi hal itu, Petrus Fatlolon menyatakan sangat mendukung kegiatan Bakamla RI dalam operasi bersama dengan Australia untuk mengamankan wilayah perbatasan dan akan membantu segala kebutuhan yang diperlukan selama di Saumlaki.

Sebelumnya kami juga menerima kunjungan dari Bakamla RI terkait rencana kerjasama dengan MTB dalam pengembangan kekuatan keamanan perbatasan dengan negara tetangga.

Diakhir pertemuan singkat tersebut Bupati MTB mengundang Bakamla RI datang ke kediamannya untuk pembicaraan lebih lanjut.

(sylvi)