Ribuan Napi di Banten Dapet Remisi

Ribuan Napi di Banten Dapet Remisi
 istimewa
 16 Agustus 2017 13:50:47 wib
Share :

Kabar7, Serang - Ribuan narapidan (napi) di wilayah Provinsi Banten mendapat hadiah HUT RI ke-72 berupa remisi atau pemotongan masa tahanan. Remisi diberikan untuk napi yang telah memenuhi syarat.

Diterangkan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Banten Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Enny Purwaningsih, remisi inj dibagi dalam dua kategori. Pertama yakni remisi umum (RU) I dan II.

Napi yang masuk RU I akan mendapat potongan masa tahanan minimal satu bulan dan maksimal enam bulan. Untuk RU II maksimal napi dapat dibebaskan tepat pada hari kemerdekaan.

“Untuk remisi tahun ini, RU I jumlahnya ada 2.998. Sedangkan untuk RU II berjumlah 135. Totalnya ada 3.133,” ujar Enny, di Serang, Rabu (16/8/2017), dikutip dari Bantennesw.

Ribaun napi yang mendapat remisi itu berasal dari 11 tumah tahanan (rutan) dan lembaga permasyarakatan (lapas) di Provinsi Banten. Dari 11 lapas dan rutan itu, napi yang pailng banyak mendapat remisi berasal dari lapas Pemuda Kelas I Tangerang. Total napi mencapai 735 orang.

Lalu dari lapas Kelas I Tangerang napi yang dapat remisi sebanyak 557 orang. Lalu lapas Perempuan Kelas II A Serang sebanyak 441 napi. Kemudian lapas Kelas III Cilegon berjumlah 426 napi. Rutan Kelas I Tangerang sebanyak 399 napi. Lapas Pemuda Kelas II A Perempuan Tangerang 200 napi. Lapas Kelas II B Anak Perempuan Tangerang 122 napi.

Kemudian rutan Kelas II B Serang sebanyak 104 napi. LPKA Kelas I Tangerang napi yang dapat remisi sebanyak 52 orang. Terakhir ialah napi dari Rutan II Pandeglang yang mendapat remisi.

(**)