RAS MUHAMAD TERIMA PENGHARGAAN DARI KBRI BUDAPEST

RAS MUHAMAD TERIMA PENGHARGAAN DARI KBRI BUDAPEST
 (istimewa)
 08 September 2016 18:05:22 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Penyanyi Reggae asal Indonesia Ras Muhamad menerima penghargaan khusus dalam bidang seni dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Budapest atas jasanya memperkenalkan musik reggae dengan sentuhan Indonesia dalam kancah musik internasional.

"Masyarakat adalah ujung tombak diplomasi kebudayaan Indonesia," kata Duta Besar RI untuk Hongaria, Wening Esthyprobo, dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Kamis (8/9/2016).

Menurut Dubes Wening, penghargaan tersebut merupakan bentuk dukungan KBRI Budapest sebagai perwakilan negara untuk menghargai usaha dan partisipasi aktif warga Indonesia di luar negeri.

"Masyarakat yang berbakat dalam suatu bidang tertentu merupakan aset nyata negara di wilayah akreditasi. Bakat, talenta dan kerja keras mereka adalah motor pengerak diplomasi budaya Indonesia," ujar dia.

Ras Muhamad dalam turnya di Eropa tampil di Hongaria di tiga tempat, yaitu di kota Hatvan dalam Reggae Camp pada 31 Juli 2016, di Budapest pada 14 Agustus 2016 dalam Sziget Festival serta di Panggung Rakyat dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-71 pada 17 Agustus 2016.

Menurut KBRI Budapest, Ras Muhamad dalam setiap penampilannya selalu mempromosikan Indonesia, tidak hanya melalui lirik lagu dan baju batiknya, tetapi juga melalui dialog dengan para penggemarnya yang memperkenalkan kota-kota wisata di Indonesia.

Musik Reggae yang dibawakan Ras Muhamad juga selalu disisipi musik tradisional Indonesia, seperti alunan suling dan dentuman gendang. Ras Muhamad juga baru saja meluncurkan video klip kolaborasinya dengan artis Reggae asal Jerman Sara Lugo dalam lagu berjudul "learn and grow".

Dubes Wening mengatakan bahwa KBRI Budapest setiap tahun selalu memberikan penghargaan kepada warga Indonesia dan warga asing yang secara nyata telah berpartisipasi dalam mempromosikan potensi Indonesia.

"Penghargaan tersebut diharapkan dapat menjadi pendorong bagi para WNI untuk tetap berprestasi dan bersemangat dalam mempromosikan kebudayaan Indonesia," ujar dia.(andreas/ant)