Presiden: Kerja Dengan Saya Pasti Saya Cek

Presiden: Kerja Dengan Saya Pasti Saya Cek
 Presiden Joko Widodo (dok. Setkab)
 13 Oktober 2017 14:25:08 wib
Share :

Kabar7, Musi Banyuasin - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan penanaman perdanan peremajaan kebun kelapa sawit seluas 4.400 hektar di Desa Panca Tunggal, Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel), Jumat (13/10/2017).

Penanaman ini mengawali kegiatan Jokowi dalam kunjungan kerja pada hari kedua di Provinsi Sumsel.

Usai kegiatan, Jokowi berjanji akan mengecek kembali kebun kelapa sawit ini satu tahun kemudian, tepatnya awal tahun 2019. Hal ini guna memastikan apa yang telah dilakukan membuahkan hasil.

"Kerja dengan saya pasti saya cek, enak saja tidak dicek, jadi barang atau tidak? Jadi bibitnya, jadi benar dan baik tidak? Harus dicek, Kalau tidak dicek, enak nanti," ujar Presiden Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyampaikan, untuk pembiayaan peremajaan terhadap 4.400 hektar kebun kepala sawit tersebut telah ditanggung pemerintah.

Bukan hanya soal peremajaan, jokowi mengatakan, kalau bibit dan benih jagung ini juga diberikan oleh pemerintah.

Dipaparkan olenya, pada tahun ini akan diberikan bantuan benih komoditas perkebunan sebanyak 35,5 juta batang yaitu kopi 4,8 juta batang, pala 2,7 juta batang, lada sebanyak 2 juta batang dan karet sebanyak 5,7 juta batang.

Sementara, untuk perkebunan yang masuk kawasan hutan, Jokowi telah mengintruksikan jajarannya agar segera dikeluarkan dari kawasan hutan dan kemudian diberikan sertifikat.

"Tapi ini khusus untuk kelapa sawit milik rakyat, yang sudah pegang sertifikat yang hadir di sini tolong diangkat biar kelihatan, nanti setelah ini akan lebih banyak lagi yang pegang sertifikat," pungkas Jokowi, dikutip dari laman resmi Sekretaris Kabinet (Setkab).

(**)