Presiden Ingatkan Petani Soal Keuntungan Argobisnis

Presiden Ingatkan Petani Soal Keuntungan Argobisnis
 Presiden Joko Widodo (dok. Setkab)
 25 September 2017 13:16:55 wib
Share :

Kabar7, Salatiga - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersilaturahmi dengan Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah (SPPQT) di Kelurahan Kalibening, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah, Senin (25/9/2017).

Silahturahmi ini dalam rangka Hari Tani Nasional 2017, dan pertemuan ini menjadi awal kegiatan Jokowi dalam kunjungan kerja di Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu Jokowi membahasa bagaimana meningkatkan kesejaterahan petani. Menurutnya, petani jangan hanya fokus untuk menanam dan panten saja. Melainkan petani harus fokus terhadap bisnis pertaniannya, karena keuntungan terbesarnya justru diproses argobisninya.

"Yang dikerjakan itu bukan hanya menanam, atau mencari benihnya, atau mencari bibitnya atau memupuknya, tetapi justru keuntungan yang paling besar itu ada setelah pasca panen, setelah panen itu akan gede untungnya. Sehingga kalau sudah mengkonsolidasi dalam sebuah organisasi ini akan lebih memudahkan," kata Jokowi.

Selain itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menghimbau agar organisasi petani yang besar dapat merubahh dirinya menjadi sebuah perusahaan pertanian. Sehingga, sebagai contoh untuk membuat pupuk sudah dapat dilakukan sendiri dengan membuat pabrik pupuk skala petani yang pertama.

"Itu yang sering saya sampaikan, bagaimana mengorporasikan petani, mengonsolidasikan petani dalam jumlah yang besar," tuturnya, dikutip dari laman Setkab.

Untuk diketahui, dalam kunjungan kerjanya di Jawa Tengah, Presiden Jokowi turut didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

(**)