Presiden Dukung Inovasi Usaha Digital

Presiden Dukung Inovasi Usaha Digital
 Presiden Jokowi (*)
 28 September 2017 14:53:09 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Pelaku usaha teknologi digital atau startup akan diberikan oleh pemerintah keleluasaan untuk melakukan eksperimen inovasi bisnisnya dengan tak mempersulit mereka dengan aturan-aturan yang berlebihan.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya di pembukaan Konferensi Digital Tingkat Internasional IDByte 2017 di Jakarta, Kamis (28/9/2017).

"Berarti yang pertama, startup tidak boleh atau jangan dicekik dengan regulasi-regulasi yang berlebihan," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga telah mengintruksikan sejumlah menteri-menteri terkait ekonomi dan teknologi untuk mendukung inovasi bisnis melalui teknologi digital.

Jokowi menuturkan, pemerintah juga telah mengumumkan deregulasi ekonomi untuk mengurangi tumpang tindihnya peraturan guna mendukung inovasi tersebut. Kemudian pejabat pemerintah diminta untuk memberikan keringanan modal bagi usaha rintisan.

"Kedua, yang namanya eksperimen pasti ada yang gagal dan pasti ada yang tidak berhasil. Berarti kita harus mentoleransi banyak kegagalan. Tidak apa-apa, jangan malu, jangan menyerah," ujar Jokowi.

Presiden juga memintar masyarakat Indonesia dapat membangun bisnis produk-produk bermerk lokal dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi.

"Sebuah perusahaan sekali berada di internet, dia langsung muncul di seluruh dunia dan itu berarti sebuah perusahaan yang sukses di internet bisa berkembang cepat sekali dan bisa menjadi raksasa dalam waktu yang sangat cepat," jelas Presiden, dikutip dari Antaranews.

(**)