POLISI MULAI MENDATA SAKSI DALAM KASUS MAKAR

POLISI MULAI MENDATA SAKSI DALAM KASUS MAKAR
 Gedung Polda Metro Jaya (dok. kb7)
 06 April 2017 16:15:34 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Polda Metro Jaya terus mengusut kasus dugaan permukatan makar yang melibatkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Forum Umat Islam (FUI), Muhammad Al Khaththath.

Diterangkan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono, saat ini penyidik Polda Metro telah melakukan pendataan saksi terkait kasus tersebut.

Argo juga menyampaikan pihaknya telah menggelar pra rekonstruksi di lokasi pertemuan para tersangka di wilayah Kalibata, Jakarta Selatan, dan Menteng, Jakarta Pusat, pada awal pekan ini.

Dari hasil rekonstruksi, pihak kepolisian mengetahui hadirin dan isi materi pembahasan terkait rencana pemufakatan jahat.

Hal yang dibahas oleh para tersangka yaitu rencana menduduki paksa Gedung DPR/MPR. Para tersangka juga mengagendakan aksi unjuk rasa serempak di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makasar dan Yogyakarta.

Diketahui, dalam kasus ini Polda Metro telah menetapkan lima tersangka yang diduga bermufakat untuk melakukan upaya makar pada pemerintahan yang sah.

Lima tersangka tersebut di antaranya yakni Sekjen FUI Muhammad Al Khaththath. Sedangkan empat tersangka lainnya merupakan aktivis dari organisasi masyarakat. Kelimanya ditangkap di tempat berbeda pada Jumat (31/3/2017) kemarin.

Adapun upaya makar yang sebelumnya disampaikan Argo, akan dilaksanakan setelah pencoblosan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua.

Semetara, dalam pengembangan kasus makar ini pihak Polda Metro Jaya sampai saat ini belum lagi menetapkan tersangka.

"Ya nanti kami tunggu saja apakah ada tersangka baru atau tidak," ujar Argo di Jakarta, Kamis (6/4/2017).

(sumber: Antara News)