Polisi Ingin Rubah Warna Pelat Nomor Kendaraan Lebih Terang

Polisi Ingin Rubah Warna Pelat Nomor Kendaraan Lebih Terang
 ilustrasi (istimewa)
 25 September 2017 10:47:18 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berencana untuk mengubah warna pelat nomor kendaraan dengan warna yang lebih terang.

Pasalnya, warna dasar hitam pada pelat nomor saat ini tak dapat ditangkap jelas oleh kamera, dan ini membuat tilang elektronik yang sedang diterapkan kepolisian kurang maksimal.

Rencana Korlantras ini mengacu Peraturan Kapolri No. 5 Tahun 2012 tentang warna pelat. Perubahan warna pelat tersebut akan dilakukan secara bertahap dan ditargetkan dapat terealisasi pada tahun 2018.

Diterangkan Direktur Keamanan Keselamatan (Kamsel) Korlantas Polri Brigjen Krisnanda Dwi Laksana, rencana ini bertujuan membangun sistem pendukung smart city.

"Kaitan di era digital maka cara-cara yang manual parsial dan konvensional ini harus diubah dengan cara yang terintegrasi dan terhubung secara online atau dengan model elektronik. Model yang dibangun di era digital semestinya mendukung atau menuju smart city," terang Krisnanda kepada Otomotifnet di Jakarta, Minggu (24/9/2017).

Menurutnya, diperlukan adanya back office, aplication dan network, untuk mengimplementasikan program elektronik tersebut, demikian dilansir dari Tribunnews.

(**)