Polisi di Papua Akan Dapat Buku Saku Tentang HAM

Polisi di Papua Akan Dapat Buku Saku Tentang HAM
 (*)
 03 September 2017 18:44:20 wib
Share :

Kabar7, Bogor - Anggota kepolisian di daerah Papua segera dibekali buku saku soal prinsip dan standar Hak Asasi Manusia (HAM) untuk membantu kinerja mereka dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

Buku tersebut akan diterbitkan oleh Perhimpunan Advokasi Kebijakan dan Hak Asasi Manusia (PAK-HAM) Papua. Sedangkan isi buku ini merupakan rancangan bersama antara PAK-HAM dengan Polda Papua.

"Buku saku tersebut disusun oleh PAK-HAM Papua bersama Polda Papua pada rapat kerja 2017 dan berisi informasi mengenai HAM agar para aparat polisi dapat menghindari tindakan kekerasan dalam menjalankan tugas mereka," kata Direktur PAK-HAM Papua, Matius Murib di Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (2/9/2017) kemarin.

Buku saku tentang HAM ini akan dicetak sekitar 12.000 eksemplad dan segera diterbitkan pada Oktober mendatang di Papua. Hadirnya buku ini untuk memberi pengetahuan HAM kepada polisi di Papua, dan diharapkan dapat memberikan manfaat kepada mereka.

"Walaupun buku ini akan diperuntukan bagi anggota kepolisian di Papua, buku saku ini dapat dibaca dan diharapkan juga bermanfaat bagi anggota polisi di seluruh Indonesia," ujar Matius, seraya menambahkan bahwa penjelasan mengenai HAM dalam buku tersebut dikaitkan dengan kebijakan Otonomi Khusus Papua, demikian dikutip dari Antaranews.

(**)