Polhut KPH Balapulang Berhasil Amankan Puluhan Batang Kayu Jati

Polhut KPH Balapulang Berhasil Amankan Puluhan Batang Kayu Jati
 ilutrasi (istimewa)
 06 Oktober 2017 23:38:35 wib
Share :

Kabar7, Tegal - Tim Buser Polisi Hutan (Polhut) Perhutani Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, berhasil mengamankan puluhan kayu jatu glondongan hasil pembalakan liar.

Kayu tersebut diamankan saat akan diangkut menggunakan truk. Sayangnya dalam penyergapan Polhut tak berhasil menangkap pelaku karena berhasil melarikan diri.

Barang bukti yang berhasil disita yakni kayu jati sebanyak 30 batang dengan panjang 2 meter dan diameter antara 25-40 cm. Kini barang bukti telah diamakan di Perhutani KPH Balapulang.

Wakil Administratur Perhutani KPH Balapulang Tegal Budi Sutomo, mengatakan kasus ini terungkap berawal dari aduan warga. Dilaporkan kalau ada truk yang mengngkut kayu jati di petak 120 Resort Pemangku Hutan (RPH) Pengarasan Tonjong Kabupaten Brebes.

"Informasi masuk pada hari Rabu malam sekitar pukul 22.00 WIB. Waktu itu, saya langsung mengumpulkan tim buser Pomob (polisi hutan mobil) untuk menuju ke lokasi," kata Budi, dikutip dari Detik, Jumat (6/10/2017).

Ketika petugas menuju lokasi, memang terlihat sebuah truk mengangkut kayu jti melintas di Jalan Raya Tegal-Purwokerto, tepatnya di di Desa Kesambi, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal.

Truk pengangkut kayu bernopol E 9501 VP ini kemudian dihentikan petugas tim buser polhut. Sayangnya ketika truk dihentikan, orang di dalamnya berhasil kabur dari sergapan petugas.

Tak hanya orang ditruk yang lari, ada juga pengendara motor matic langsung melarikan diri saat petugas memberhentikan truk. Diduga pengendara motor itu merupakan pengawal truk.

"Di dalam truk ada dua orang. Mereka kabur semua. Yang mengawal juga kabur. Dia mengendarai sepeda motor matic," pungkasnya.

(**)