Polda Jatim Siap Amankan Pilkada di Wilayahnya

Polda Jatim Siap Amankan Pilkada di Wilayahnya
 Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin (istimewa)
 10 Oktober 2017 16:03:20 wib
Share :

Kabar7, Semarang - Polda Jawa Timur (Jatim) siap mengamankan pilkada serentak 2018 mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota.

Untuk diketahui, Jatim akan menyenglenggarakan pilkada serentak yang terdiri dari satu pemilihan gubernur, 13 pemilihan bupati, dan lima pemilihan wali kota.

Adapun daerah di Jatim yang mengikuti pilkada tingkat kabupaten yakni Lumajang, Bondowoso, Probolinggo, Nganjuk, Jombang, Pasuruan, Madiun, Magetan, Tulungagung, Bojonegoro, Bangkalan, Sampang dan Pamekasan. Untuk tingkat kota yakni Probolinggo, Malang, Kediri, Madiun dan Mojokerto.

"Pilkada di Jatim ada 19 kontestasi. Kami siap amankan pilkada tersebut," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin di Akademi Kepolisian RI, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (10/10/2017).

Sementara dari semua daerah tersebut, Polda Jatim akan memberikan perhatian lebih kepada tiga daerah di Pulau Madura yaitu Kabupaten Bangkalan, Sampang, dan Pamekasan. Daerahh ini dinilai rawan terjadi konflik ketika menyelenggarakan pemilihan.

"Pilkades saja rawan. Pilkades pengamanan pakai Brimob. Apalagi kalau pilkada gubernur, kabupaten/kota yang dekat dengan konstituen," ujar Machfud.

Namun bukan berarti ketiga daerah itu menjadi fokus Polda Jatim semata, malainkan Machfud menegaskan pihak akan fokus untuk menjaga semua daerah yang menjadi wilayah hukumnya.

"Ya dijaga saja, tapi kan semua juga dijaga. Jadi tidak hanya fokus untuk pilkada yang ada di Pulau Madura," kata dia, dikutip dari Kompas.

Ia menerangkan, kalau selama ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk kelancaran pesta demokrasi di Jatim.

"Kami, KPU-Bawaslu sudah koordinasi terus untuk pilkada. Asal penyelenggara jujur, pengawasan benar, yakin tidak ada masalah," tutur Machfud.

(**)


Berita Terkait