Polda Jambi Ringkus Pemburu Harimau Sumatera

Polda Jambi Ringkus Pemburu Harimau Sumatera
 (*)
 04 Oktober 2017 17:01:35 wib
Share :

Kabar7, Jambi - Pelaku yang kerap memburu dan menjual kulit harimau sumatera berhasil diringkus anggota Polda Jambi yang dibantu tim BKSDA Provinsi Jambi.

Wakapolda Jambi Kombes Pol Ahmad Haydar, mengatakan tersangka ini bernama Marsum (45). Ia merupakan warga Desa Sungai Cemara, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjab Timur.

"(tersangka) Ditangkap saat berada di Taman Nasional Berbak Desa Rantau Jaya, Kecamatan Rantau Rasau Senin (2/10/2017)," kata Haydar di Jambi, Rabu (4/10/2017).

Dari tangan tersangka, anggota Polda Jambi dan petugas BKSDA setempat berhasil menyita satu lembar kulit harimau dan tulang belulang.

"Pelaku menangkap harimau di dalam hutan itu dengan cara disetrum, menggunakan kabel listrik sepanjang 900 meter dan dialiri listrik dari mesin genset," kata Haydar, dikutip dari Antaranews.

Kabel dengan aliran listrik itu digelar di jalur lintasan harimau sumatera, yang diketahui berdasarkan jejak lintasan harimau itu.

Harimau yang ditangkap berjenis kelamin betina yang baru berumur sekitar dua tahun. Kulit harimau sumatera betina itu akan dihargai Rp105 juta namun Maksum terlanjur dicokok.

Pihak kepolisian masih mendalami kasus ini dan masih mengejar penadah serta komplotan lain di balik perburuan liar hewan dilindungi hukum itu.

(**)