Pilkada Serentak Akan Berdampak Pada Investasi

Pilkada Serentak Akan Berdampak Pada Investasi
 Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro (istimewa)
 06 Desember 2017 15:37:46 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Pergelaraan pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2018, akan berdampak pada pertumbuhan investasi.

Hal tersebut diucapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro di Gedung BEI, Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (6/12/2017).

Menurutnya, tahun politik 2018 setidaknya akan memberikan dampak terkereknya perekonomian nasional dari sektor konsumsi untuk rumah tangga hingga lembaga non pemerintah. Selain itu, investasi juga tak akan sekinlong tahun ini.

"Tapi di sisi lain mungkin dampaknya ke investasi, karena mungkin ada investasi yang sifatnya masih wait and see sehingga pertumbuhan investasi agak menurun dibandingkan triwulan ketiga kemarin," ujar Bambang.

Meski demikian, Bambang menyatakan pertumbuhan ekonomi bisa terus berjalan tanpa terganggu dengan adanya pergelaran pilkada tahun depan.

"Jadi kita harapkan adalah supaya wait and see di investment ini paling tidak seperti tahun 2014. Mudah mudahan ini lebih kecil dampaknya dibandingkan 2014," terang Bambang, dilansir Tribunnews.

Sebagai gambaran, ajang pesta demokrasi itu akan dihelat di 171 daerah dalam format Pilkada Serentak 2018 yang disebut juga sebagai 'tahun politik'. Ajang pesta demokrasi tersebut berpotensi menelan anggaran mencapai Rp 20 triliun.

"Intinya memamg dengan kita makin matang berdemokrasi ekonomi kita juga semakin terbuka dan memberi kesempatan kepada semua pihak," pungkas Bambang.

(**)