Perusahaan Kereta India Akan Operasikan Kereta Khusus Perempuan

Perusahaan Kereta India Akan Operasikan Kereta Khusus Perempuan
 PM India Narendra Modi (istimewa)
 24 Agustus 2018 23:32:57 wib
Share :

Kabar7, New Delhi - Perusahaan kereta milik Pemerintah India untuk pertama kali tahun ini telah memutuskan untuk mengoperasikan kereta khusus perempuan di India Utara buat festival Agama Hindu, Raksha Bandhan.

Raksha Bandhan dirayakan setiap tahun dengan mengikat benang pada pergelangan tangan seorang saudara laki-laki oleh saudara perempuannya sebagai tanda ikatan dan upacara perlindungan.

"Keputusan untuk mengoperasikan kereta khusus perempuan pada Ahad ini telah diambil demi kenyamanan perempuan," kata seorang pejabat senior pada Jumat, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau di Jakarta, Jumat malam (24/8/2018).

Perusahaan Kereta India adalah salah satu jaringan kereta terbesar di dunia, yang melintasi negeri itu dari utara ke selatan. Perusahaan tersebut mengoperasikan 9.000 kereta penumpang dan membawa 23 juta orang setiap hari.

Perusahaan publik yang sangat besar itu dapat dirujuk sebagai semi-pemerintah. Perusahaan tersebut mengoperasikan sekolah, rumah sakit, memiliki perusahaan pembangunan dan pasukan polisi sendiri, dan memiliki 1,3 juta orang di dalam daftar gajinya.

Pada 2015, Pemerintah Perdana Menteri India Narendra Modi menjanjikan 137 miliar dolar AS selama lima tahun untuk memodernkan dan mengembangkan perusahaan kereta tersebut.

(antara)


Berita Terkait