Perubahan Cuaca Sebabkan Ratusan Ton Ikan di Cianjur Mati

Perubahan Cuaca Sebabkan Ratusan Ton Ikan di Cianjur Mati
 ilustrasi (istimewa)
 30 Agustus 2017 16:44:56 wib
Share :

Kabar7, Cianjur - Ratusan ton ikan di Waduk Jangari, Kecamatan Mande, Cianjur, Jawa Barat (Jabar), mati akibat penyebaran penyakit akibat virus dan bakteri.

Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Cianjur mencatat, penyakit yang menyebabkan banyaknya ikan yang mati disebabkan karena faktor perubahan iklim dan kondisi air yang tercemar limbah.

Disebutkan Kepala Seksi Bina Kesehatan Ikan dan Hewan Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan Cianjur, Agung Riyanto, jenis bakteri yang mendominasi yakni bakteri Aeromonas Hydophila. Sedang untuk virus didominasi dengan White Spot Virus dan Koi Herves Virus.

"Penyakit tersebut biasanya timbul karena perubahan iklim dan kondisi air yang sudah tercemar limbah. Untuk mengatasi penyebarannya dapat dilakukan dengan pemberian vitamin C serbuk yang dicampur pakan ikan agar kondisi ikan sehat kembali," katanya, dikutip dari Antaranews.

Agung menuturkan, petani pembudi daya ikan selama ini sudah dapat mengantisipasi berbagai jenis penyakit yang kerap menyerang ikan air tawar.

Sedangkan saat musim pancaroba, biasanya petani ikan akan mengganti ikan yang lebih tahan penyakit dan hidup dalam oksigen yang rendah.

(**)