Perlombaan Seni Tari dan Vocal Bangun Semangat Kebersamaan

Perlombaan Seni Tari dan Vocal Bangun Semangat Kebersamaan
 (Dok. Puspen)
 11 April 2018 00:20:45 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Perlombaan Seni Tari Tobelo dan Vocal Tunggal Idol dapat membangun semangat berkompetisi yang sehat, semangat kejuangan dan kebersamaan demi menciptakan ketahanan keluarga sebagai landasan ketahanan bangsa.

Demikian sambutan tertulis Ketum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto yang dibacakan oleh Ketua Dharma Pertiwi Unsur Persit Kartika Chandra Kirana Ibu Sita Mulyono pada acara Lomba Tari Pergaulan Tobelo dan Vocal Tunggal Idol dalam rangka memperingati HUT ke-54 Dharma Pertiwi tahun 2018, bertempat di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (10/4/2018).

Ketum Dharma Pertiwi mengatakan bahwa Tari Tobelo yang berasal dari Maluku dilakukan secara beregu atau bersama-sama, mengajarkan untuk bekerjasama, mengedepankan pengendalian diri, saling mendukung, membantu, menghargai, peduli dan mengayomi serta saling memberikan semangat dan energi.

"Tarian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kekeluargaan dan kebersamaan, memupuk jiwa sportivitas, memperteguh rasa kebhinnekaan serta meningkatkan motivasi dan kreatifitas," ucapnya.

Menurut Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, pelaksanaan Lomba Tari Pergaulan Tobelo merupakan salah satu upaya mendorong karya seni anak bangsa yang penuh kebhinnekaan agar semakin dikenal secara luas, baik secara nasional maupun internasional.

"Kegiatan ini seiring dengan program pemerintah Nawa Cita yang kesembilan yaitu memperteguh kebhinnekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia," ujarnya.

Sementara itu terkait lomba Vocal Tunggal Idol, Ketum Dharma Pertiwi mengatakan bahwa lomba ini merupakan forum unjuk kemampuan anggota Dharma Pertiwi dalam menyanyi, mengolah suara dan melantunkan lagu.

Menurutnya, menyanyi adalah ekspresi yang universal, karena pada saat menyanyi seseorang dapat membawa kegembiraan dan rasa damai bagi lingkungan di sekitar.

"Untuk menjadi penyanyi yang baik memerlukan latihan dengan disiplin yang tinggi, seperti melatih pernapasan, mengucapkan artikulasi tiap kata dalam lagu secara benar, memainkan intonasi secara tepat dan menjiwai lirik," ungkap Ibu Nanny Hadi Tjahjanto.

Ditambahkannya, Lomba Vocal Tunggal Idol tidak hanya bertujuan menggali potensi, namun juga mengajari tentang kepekaan sosial dan mengajarkan kita agar bermanfaat bagi lingkungan.

Adapun para pemenang dalam perlombaan tersebut, yaitu Tari Tobelo untuk Juara 1 diraih oleh IKKT Pragati Wira Anggini, Juara 2 dan 3 Persit Kartika Chandra Kirana, Juara Harapan IKKT Pragati Wira Anggini.

Sedangkan Vocal Tunggal Idol, Juara 1 diraih oleh IKKT Pragati Wira Anggini, Juara 2 Pia Ardhya Garini, Juara 3 Persit Kartika Chandra Kirana dan Juara Harapan Jalasenastri.

(silvya)