PERINGATI HKN KE-52 DINKES KOTA DEPOK AGENDAKAN RANGKAIAN KEGIATAN

PERINGATI HKN KE-52 DINKES KOTA DEPOK AGENDAKAN RANGKAIAN KEGIATAN
 Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Noerzamanti Lies (istimewa)
 12 November 2016 14:48:51 wib
Share :

Kabar7, Depok - Memperingati Hari Kesehatan Nasional pada 12 November setiap tahunnya itu Dinas Kesehatan Kota Depok, Jawa Barat mengagendakan sejumlah rangkaian kegiatan yang akan dicanangkan sebagai peringatan berharga.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Noerzamanti Lies, hal itu untuk tetap fokus dan bersemangat dalam memasyarakatkan hidup sehat melalui sebuah gerakan masyakarat hidup sehat (Germas). HKN tahun ini mengusung tema "Indonesia Cinta Sehat: Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat".

"Dari tema ini selaras dengan program Indonesia sehat, di mana program ini mengedepankan sebuah pendekatan keluarga dengan Germas agar Indonesia jadi sehat," kata dia di Depok, Jumat kemarin (11/11/2016).

Pemkot Depok melalui Dinas Kesehatan juga mengadakan banyak kegiatan, di antaranya diadakan pemeriksaan mobile VCT (Voluntary Counseling and Testing), seminar ASI, sosialisasi pencegahan hamil usia dini.

Kemudian, melakukan pembinaan bagi pengelola dan pedagang pasar Sukatani terkait dengan higienitas dan kawasan tanpa rokok (KTR), ada pula penganugerahan kantin sehat terbaik tingkat Kota Depok yang telah diserahkan ketika upacara peringatan Hari Pahlawan.

"Puncaknya, Insya Allah akan digelar di Lapangan Balai Kota Depok dengan mengadakan deklarasi empat kelurahan yang sudah dinyatakan Open Defecation Free (ODF), pemberian kacamata gratis bagi 200 siswa di Depok yang tidak mampu. Selanjutnya, untuk tanggal 24 November mendatang akan diadakan pula gebyar 'Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Keren Tanpa Rokok'," jelas Lies.

Dia berharap, dengan segenap rangkaian yang digelar tersebut akan menghasilkan "Generasi Cinta Sehat" dari segala usia, dengan turut serta dalam pembangunan kesehatan, mengingatkan kembali bahwa sehat itu harus dijaga, dan tentunya dengan bergaya hidup sehat.

Dia menambahkan, bahwa tak lupa dengan melakukan akselerasi pencapaian derajat kesehatan yang optimal akan dilakukan dengan kerja sama berbagai elemen penting yang ada di masyarakat.

"Sehingga tujuan untuk dapat mencapai layanan kesehatan yang kuat dapat dicapai," pungkasnya.(devi/hms)