Peran Aktif Indonesia Untuk Warga Rohingya Diapresiasi Inggris

Peran Aktif Indonesia Untuk Warga Rohingya Diapresiasi Inggris
 (istimewa)
 13 Oktober 2017 13:20:03 wib
Share :

Kabar7, London - Peran aktif pemerintah Indonesia dalam merespon tragedi kemanusian yang menimpa warga Rohingya di Rakhine State, Myanmar, kembali mendapat apresiasi.

Kali ini yang mengapresiasi adalah Pemerintah Kerajaan Inggris Raya yang disampaikan Menteri Negara untuk Asia dan Pasifik, Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris, Mark Field, saat berjumpa Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK).

Melansir Antaranews dari Penerangan Sosial dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (Pensosbud KBRI) London Dethi Silvidah Gani, Kamis (12/10/2017), JK dan Mark Field bertemu di resepsi peringatan ASEAN ke-50 di Lancaster House, Stable Yard St, James, London.

Dalam pertemuan itu, Mark Field mengatakan, pemerintah Inggris sebenarnya sempat menjajaki kerja sama dengan pemerintah Myanmar untuk membantu atasi konflik disana. Hal ini telah dilakukan pada September 2016 yang lalu.

Sementara Wapres JK mengatakan, pendekatan terhadap pemerintah Myanmar dengan cara mengedepankan diplomasi dan dialog yang dilakukan Indonesia, telah berhasil membuka akses masuknya bantuan untuk warga Rohingya.

Jk pun menyampaikan ke Mark Field, jika pemerintah Inggris ingin membantu mengatasi persoalan tragedi kemanusiaan di Rakhine State, maka bisa bekerja sama dengan Indonesia. Dengan begitu kedua pihak bisa bersama memunculkan solusi untuk menyudahi konflik yang terjadi.

(**)