Pengamat: Situs Perlu Dilestarikan Sebagai Warisan Budaya Kearifan Lokal

Pengamat: Situs Perlu Dilestarikan Sebagai Warisan Budaya Kearifan Lokal
 (Istimewa)
 05 Januari 2019 18:39:44 wib
Share :

Kabar7, Bogor - Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah menyebutkan bahwa keberadaan Situs Sumur Tujuh di Kota Bogor, Jawa Barat, perlu dilestarikan sebagai warisan budaya kearifan lokal daerah itu.

"Sekurang-kurangnya generasi muda bisa mengapresiasi peninggalan nenek moyang. Sebab bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan menjiwai sejarahnya," katanya saat dikonfirmasi melalui pesan Whats App, Sabtu (5/1/2019).

Dia megatakan pemerintah setempat perlu mengeluarkan kebijakan komprehensif yang berupa regulasi perda untuk menjadi payung hukum bagi perlindungan situs tersebut.

"Dalam konteks nasional, Indonesia sudah memiliki undang-undang cagar budaya yang bisa digunakan oleh Pemkot Bogor untuk memberikan perlindungan menyeluruh atas situs tersebut," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, kerja sama dan partisipasi publik dalam menyelamatkan situs tersebut sangat mendesak dilakukan mengingat kondisi situs itu sudah kritis.

"Di sinilah Pemkot dan masyarakat bersinergi secara kolaboratif untuk menyelamatkan situs tersebut baik rusak karena alam maupun oleh vandalisme ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab," pungkasnya.

(Deva)