Pengacara Novanto Ingin Praperadilan Hingga Selesai

Pengacara Novanto Ingin Praperadilan Hingga Selesai
 Terangka kasus korupsi e-KTP, Setya Novanto (istimewa)
 13 Desember 2017 10:57:04 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Sidang praperadilan Setya Novanto yang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, diharapkan dapat terus berlanjut hingga selesai.

"Ini bukan soal kecepatan, kan praperadilan sudah menetapkan 7 hari kenapa kita tidak hormati," tutur penasehat hukum Setya Novanto, Firman Wijaya, Rabu (13/12/2017).

Walaupun peraturannya praperadilan akan gugur bila sidang perdana perkara pokok atas nama terdakwa atau pemohon digelar, namun, kata dia, kenapa praperadilan harus dikebut.

Menurut dia, proses hukum normal atau natural judicial process itu penting. Proses peradilan normal itu ada keseimbangan antara prosedural dan aspek substansi.

"Kenapa harus buru-buru, natural judicial process itu penting. Proses yang normal itu ada keseimbangan prosedural dan aspek substansi. Setiap peradilan multitafsir penegakan hukum itu selalu ada tafsir," tambahnya, dilansir dari Tribunnews.

Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan batas waktu perkara praperadilan dinyatakan gugur saat telah digelar sidang pertama terhadap perkara pokok atas nama terdakwa atau pemohon. Itu tercantum dalam Putusan dengan Nomor 102/PUU-XIII/2015.

(**)