Pemuda Tani HKTI Aset Bangsa Bidang Pertanian

Pemuda Tani HKTI Aset Bangsa Bidang Pertanian
 (Dok. Puspen)
 19 April 2018 00:34:52 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menerima audiensi pemuda tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) yang dipimpin oleh Rina Saadah selaku Ketua Pemuda Tani HKTI didampingi Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Nasional Pemuda Tani HKTI Ahmad Irfan beserta rombongan, bertempat di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (18/4/2018).

Mengawali audiensinya, Rina Saadah mengucapkan terima kasih kepada Marsekal TNI Hadi atas kesempatan untuk bersilaturahmi dan bertatap muka langsung di tengah kesibukan dan jadwal kegiatan Panglima TNI yang begitu padat.

Rina menyampaikan tentang Badan Otonom Pemuda Tani HKTI yang baru dibentuk pada 1 Januari 2017. Selanjutnya, saat ini Pemuda Tani HKTI sudah memiliki beberapa program untuk mendukung program pemerintah dalam rangka mencapai kedaulatan pangan.

"Saat ini Pemuda Tani HKTI sedang berkonsentrasi untuk menyiapkan 1 hektar lahan di tiap-tiap provinsi sebagai bentuk percontohan pertanian yang akan dikelola oleh pemuda-pemuda yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia," ujarnya.

Ditambakannya, Pemuda Tani HKTI sudah bekerjasama dengan berbagai komponen di antaranya Kementerian Pertanian dan berbagai stakeholders instansi terkait yang sudah komitmen untuk mendukung kegiatan program tersebut.

Saadah menyampaikan bahwa pada dasarnya Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia ingin bersinergi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang telah banyak berkecimpung di bidang pertanian dan hasilnya sangat memuaskan.

"Banyak hal yang sudah dilakukan TNI dalam mendukung kedaulatan pangan mulai dari pembukaan lahan sampai dengan pencapain produksi, karena TNI punya disiplin dan kinerja yang sudah terbentuk ke daerah-daerah," katanya.

Panglima TNI menyambut baik berbagai program yang akan dilakukan oleh Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia, khususnya dalam bidang pertanian.

"TNI akan mendukung program-program yang dilakukan oleh Pemuda Tani HKTI, ke depan sinergitas TNI dan Pemuda Tani HKTI akan ditindaklanjuti oleh Aster Panglima TNI," jelasnya.

Menurut dia, Pemuda Tani HKTI adalah aset bangsa yang banyak menguasai teknologi inovasi, khususnya pada tataran manajerial dan persoalan dari hulu hingga ke hilir di bidang pertanian.

Kegiatan tersebut diawali dari penyiapan lahan, pembibitan, penanaman, perawatan, produksi dan pemasaran.

"Semuanya itu harus berbasis kepada teknologi inovasi, sehingga dapat memberikan keuntungan yang maksimal bagi para petani dan kedaulatan pangan Indonesia," katanya.

(andreas)