PEMPEK MAKIN TENARKAN SUMSEL di DUNIA

PEMPEK MAKIN TENARKAN SUMSEL di DUNIA
 ilustrasi (istimewa)
 17 April 2017 16:50:25 wib
Share :

Kabar7, Palembang - Kuliner nusantara yakni Pempek Palembang, semakin diminati masyarakat mancanegara. Tak heran jika kawasan Sumatera Selatan (Sumsel) semakin terkenal di tingkat internasional.

Demikian pernyataan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat berbicara dalam musyawarah perencanaan pembangunan rencana kerja pemerintah daerah di Palembang, Sumsel, Senin (17/4/2017).

"Pempek palembang cukup dikenal dan diminati masyarakat mancanegara sehingga Sumsel semakin dikenal di tingkat internasional," kata Mendagri dikutip dari Kompas.

Agar Pempek semakin mendunia, Tjahjo meminta agar mutu makanan khas nusantara ini terus ditingkatkan.

Berdasarkan data, kata Tjahjo, Pempek Palembang yang diekspor keluar negeri angkanya dinilai membanggakan. Perhari, pengiriman kuliner khas ini ke luar negeri bisa mencapai enam hingga tujuh ton.

"Ini berarti kuliner khas daerah Sumsel itu sudah punya nama dan digemari masyarakat," katanya.

Semakin banyaknya masyarakat mancanegara menggemari Pempek, menurut Tjahjo, karena Sumsel sering menjadi tempat diselenggarakannya pesta olahraga internasional.

Terlebih, dalam Asian Games besok di mana Indonesia sebagai tuan rumah, Sumsel juga kebagian peran sebagai tempat penyelenggara bersama DKI Jakarta.

"Jadi tamu mancanegara tersebut akan mengenal langsung makanan khas Palembang tersebut," ujar Mendagri.

(**)