Pemerintah Berikan Remisi Untuk Puluhan Ribu Napi

Pemerintah Berikan Remisi Untuk Puluhan Ribu Napi
 ilustrasi (istimewa)
 17 Agustus 2017 15:49:26 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Pada HUT RI ke-72 yang jatuh pada Kamis (17/8/2017) ini, pemerintah melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) berikan remisi kepada 92.816 narapidana (napi) di seluruh Indonesia.

Kata Menkumham Yosanna Laoly remisi ini membawa pengaruh positif pada keuangan negara. Pengaruh positif itu berupa penghematan uang negara sebesar Rp 102 Miliar.

"Bisa dibayangkan anggaran tersebut bisa dialokasikan untuk hal yang lain," kata Yasonna di gedung Kemenkumham, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (17/8/2017) dikutip dari Suara.

Tercatat pertanggal 14 Agustus, jumlah napi si seluruh Indonesia mencapai 226.143 orang. Dengan dibebaskannya 2.444 napi pasca remisi tentu akan meringankan beban anggaran negara.

"Pemberian remisi juga bisa menstabilkan dan merubah perilaku para narapidana untuk bisa menjadi lebih baik dan bisa berguna di lingkungan masyarakat," jelasnya.

Yosanna menuturkan pemberian remisi kali ini dilakukan secara online. Tujuannya guna menata ketaatan dan kedisplinan warga binaan dalam program pembinaan masyarakat di dalam tahanan. Hal ini dinilai sejalan dengan program Kemenkumham yang sudah melalui e-gov di mana semua pelayanan berbasis online

"Sehingga masyarakat mudah mengakses, akuntabel dan berintegritas," pungkasnya.

(**)