Pembukaan Latihan ISTX TNI-Amerika

Pembukaan Latihan ISTX TNI-Amerika
 (Dok. Puspen)
 17 April 2018 10:49:57 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Paban VII/Latma Sops TNI Kolonel Inf Achmad Budi Handoyo membuka latihan Information System and Technology Exchange (ISTX) antara TNI dengan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat di Hotel Mandarin Oriental Jakarta Pusat, pada Senin (16/4).

"Latihan ISTX berlangsung mulai 16 April sampai dengan 20 April 2018 diikuti delegasi TNI berjumlah 25 personel yang dipimpin Paban VII/Latma Sops TNI Kolonel Inf Achmad Budi Handoyo dan delegasi Angkatan Bersenjata Amerika delapan personel dipimpin oleh Ltc. Mel Murakami," jelas Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Agus Cahyono melalui siaran pers yang diterima, Selasa (17/4/2018).

Budi dalam acara pembukaan menyampaikan penyelenggaraan latihan ISTX bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan hubungan bilateral antara TNI dan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat melalui pertukaran teknologi dan sistem informasi, serta meningkatkan pertukaran pengalaman, pengetahuan dalam memanfaatkan teknologi dan sistem informasi.

Latihan ISTX menggunakan metode diskusi dan latihan praktek dengan mengundang narasumber subject matter expert exchange (SMEE). Pada saat ini tidak bisa membiarkan permasalahan cyber yang dapat mengganggu keamanan, oleh karena itu diperlukan kerja sama dalam bidang cyber security.

Offensive dan defensive cyber, sangat penting untuk diantisipasi apabila ada kegiatan yang dapat mengganggu keamanan terutama di bidang cyber. Perang cyber ​sebagai tindakan penetrasi terhadap negara tertentu melalui jaringan komputer dan ditujukan untuk mengganggu dan menghancurkan sistem, sementara perang maya merupakan perang yang dilaksanakan dengan menggunakan jaringan komputer dan internet melalui cyberspace.

Dalam latihan ISTX disampaikan materi antara lain identifikasi mengenai "penilaian risiko dan strategi manajemen risiko", perlindungan "awareness and training", keamanan data dan proses dan prosedur perlindungan informasi, proses deteksi, respons terkait "perencanaan dan analisis tanggapan", dan perencanaan pemulihan.

Sasaran dari latihan ISTX ini agar dapat dicapainya pemahaman bidang cyber secara komprehensive menyeluruh dan dapat membedakan security war, psy war dan cyber war.

Sementara itu ketua delegasi Amerika Serikat Ltc Mel Murakami menyampaikan ucapan terima kasih atas undangan Paban VII/latma Kolonel Inf Budi Handoyo dan memberikan penghargaan kepada peserta dari personel TNI dalam mengikuti penyelenggaraan latihan ISTX 2018.

Murakami mengatakan dalam latihan ISTX ini menghadirkan Hawaii Army National Guard, Air National Guard dan Hawaii Telcom ke Indonesia dalam rangka saling belajar dan memberikan pengalaman, serta tukar menukar informasi tentang cyber.

Pada umumnya militer saat ini bekerja dan bertarung pada tiga domain darat, laut dan udara serta melindungi ruang udara. Perkembangan saat ini terdapat domain baru yaitu cyber space yang dapat mengendalikan ketiga domain darat, laut dan udara.

Pada hari pertama topik yang dibahas Whole of Society Approah to TNI Cyber Security disampaikan oleh Kolonel Czi Budiman, Cyber defense disampaikan oleh Evan Horton dan Cyber offense serta Incident Response Information Warfare disampaikan oleh Senior Airman Marc Masuno.

(andreas)