Pelabuhan Nabire Diharapakan Bawa Untung untuk Masyarakat

Pelabuhan Nabire Diharapakan Bawa Untung untuk Masyarakat
 Presiden Joko Widodo (istimewa)
 21 Desember 2017 15:52:37 wib
Share :

Kabar7, Nabire - Pelabuhan Nabire, Papua, diharapkan dapat membawa dampak ekonomi terhadap masyarakat setempat. Untuk itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendorong pengusaha agar bisa menanfaatkan komoditas lokal guna menghasilakan keuntungan bagi warga disana.

"Nanti pasti akan ada sebuah usaha swasta untuk membawa produk dari sini ke luar (ekspor). Kalau enggak ada itu mungkin bisa enggak untung," kata Jokowi di Pelabuhan Nabire, Provinsi Papua, Kamis (21/12/2017).

Komoditas dari Nabire bisa dijual ke luar daerah atau luar negeri, komoditas potensialnya yakni ikan, jeruk, pisang, sayur, hingga kayu. Komoditas itu bisa dibawa masuk ke Surabaya, Makassar, atau juga mancanegara.

"Saya kira banyak peluang, sehingga swasta melihat feasible untuk masuk ke sini," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi tadi melihat ada pihak swasta yang sudah memanfaatkan pelabuhan, membawa kapal kontainer dan bersandar.

"Artinya ada minat ke sini. Itu bagus," ujarnya, dilansir dari Detik.

Pelabuhan ini termasuk salah satu fasilitas tol laut, garapan Kementerian Perhubungan. Pihak swasta juga akan digandeng dalam hal pengembangan selanjutnya.

"Ini yang pertama untuk kargonya, tahun depan akan mulai diperbaiki, dibenahi, dibesarkan. Termasuk untuk terminal penumpangnya," kata Jokowi.

Dia juga berharapa agar pelabuhan ini menjadi pelabuhan utama bagi enam kabupaten di sekitar Nabire. Pelabuhan ini semakin melengkapi konektivitas yang sedang diusahakan juga lewat pembangunan Bandara Internasional Douw Aturure yang baru di Distrik Wanggar.

(**)