Pasukan Perdamaian Indobatt Gelar Upacara Peringatan HUT ke-73 TNI AL

Pasukan Perdamaian Indobatt Gelar Upacara Peringatan HUT ke-73 TNI AL
 (Dok. Puspen)
 12 September 2018 14:27:19 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Prajurit TNI yang tergabung dalam Pasukan Perdamaian Satgas Indobatt (Indonesian Battalion) Konga XXIII-L/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) menggelar Upacara Peringatan HUT ke-73 TNI AL di Lapangan Soekarno, Markas Indobatt UN Posn 7-1 Adshit Alqusyair, Lebanon Selatan, Senin (10/9/2018).

Upacara Peringatan HUT ke-73 TNI AL tahun 2018 dengan tema "Bersama Rakyat, TNI Angkatan Laut Siap Membangun Bangsa Guna Mewujudkan Kesejahteraan Melalui Laut", berlangsung dalam suasana khidmat.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wadansatgas Indobatt Konga XXIII-L/UNIFIL Mayor Inf Didiet Trilaksono, Komandan Upacara Kapten Mar Taufiq Hidayat dan Perwira Upacara Lettu Mar Andre Manalu.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Wadansatgas Indobatt, antara lain mengatakan bahwa pelaksanaan upacara ini memiliki arti yang sangat penting bagi TNI Angkatan Laut, karena berdasarkan fakta sejarah pada 10 September 1945 merupakan tonggak berdirinya TNI Angkatan Laut yang dicintai dan dibanggakan.

"Dalam kurun waktu 73 tahun, telah banyak pengorbanan jiwa dan raga dari para pejuang pendahulu kita, untuk memperjuangkan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui laut," ungkapnya.

"Oleh karena itu, sebagai generasi penerus, sudah sepantasnya kita harus meneladani semangat patriotisme, keikhlasan dan pengorbanan para pejuang pendiri Angkatan Laut."

Wujud pengabdian tersebut, kata dia, dapat diimplementasikan melalui dedikasi, loyalitas dan kerja keras serta mencurahkan segenap kemampuan yang dimiliki demi kejayaan Angkatan Laut.

Upacara Peringatan HUT ke-73 TNI AL diikuti oleh 210 Pasukan Perdamaian yang berada di Markas Indobatt UN Posn 7-1 Adshit Alqusyair dan perwakilan kompi-kompi terluar, diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Wadansatgas Indobatt yang diikuti oleh Perwira lainnya kepada para Prajurit TNI AL yang tergabung dalam Satgas Indobatt Konga XXIII-L/UNIFIL di Lebanon Selatan.

(Puspen TNI/Hadi)