Pasukan Garuda Latihan Bersama Tentara Sektor Timur UNIFIL

Pasukan Garuda Latihan Bersama Tentara Sektor Timur UNIFIL
 (Dok. Puspen)
 03 September 2018 21:06:05 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Pasukan Garuda Satgas Indonesian Battalion (Indobatt) Konga XXIII-L/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) menggelar latihan bersama tentara dari berbagai negara yang tergabung dalam Sektor Timur UNIFIL pada misi perdamaian dunia PBB di Lebanon.

Latihan bersama dengan tema "Patrol Leader Joint Training With Lebanon Armed Forces", telah dibuka secara resmi oleh Wadan Satgas Indobatt Mayor Inf Didiet Trilaksono mewakili Dansatgas Indobatt Letkol Inf Arfan Johan Wihananto yang sedang melaksanakan cuti ke Tanah Air.

Kegiatan latihan bersama yang dilaksanakan selama enam hari (26-31 Agustus 2018) di Markas Indobatt UNP (United Nation Position) 7-1 Adchit al Qusayr, Lebanon Selatan, diikuti oleh Pasukan Garuda Indobatt dan Sector East Miltary Police (Sempu) dari Kontingen Garuda Indonesia, Tentara Lebanon Armed Force (LAF), Battalion Spanyol (Spainbatt), Battalion India (Indbatt) serta Battalion Nepal (Nepbatt) Task Force Alfa dan Task Force Bravo.

Latihan bersama yang dilaksanakan Pasukan Garuda Indobatt bersama Tentara Sektor Timur UNIFIL meliputi materi pengetahuan "peta navigasi" dan GPS yang dilaksanakan di dalam ruangan.

Sedangkan latihan di lapangan di antaranya patroli bersama dengan dua tahap yakni berjalan kaki dan menggunakan kendaraan tempur, mengantisipasi serangan lost control dari para demonstran saat berunjuk rasa atau melakukan demo serta memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan, baik sipil maupun militer.

Dalam mengendalikan latihan bersama, bertindak sebagai koordinator yaitu Mayor Inf FX Renoten (Kasiops Indobatt) dan Lettu Lek Andi Rishas (staf operasi Indobatt).

Walaupun cuaca sangat panas, latihan yang melibatkan empat tim dari masing-masing peserta dapat dilaksanakan sesuai rencana.

Wadan Satgas Indobatt Mayor Inf Didiet Trilaksono saat menutup latihan bersama di Rubb Hall Markas Indobatt, Jumat (31/8) menyampaikan terima kasih kepada tentara yang tergabung dalam Sektor Timur UNIFIL karena telah ikut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan latihan, dimana pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan aman serta tidak ditemukan hal-hal yang menonjol yang terjadi pada saat latihan di gelar.

"Atas nama Dansatgas Indobatt Konga XXIII-L/UNIFIL, saya mengucapkan terima kasih. Semoga seluruh materi yang dilatihkan dapat diserap dengan baik, bermanfaat dan menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas di satuan masing-masing," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, tentara yang tergabung dalam Sektor Timur UNIFIL mengungkapkan rasa puas dan menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan latihan yang digelar oleh Satgas Indobatt Konga XXIII-L, karena materi maupun praktek yang disampaikan cukup praktis termasuk sarana dan prasarana sangat mendukung, demikian keterangan pers.

(Puspen TNI/Andreas)