Panglima TNI: TNI Siap Bantu Polri Amankan Natal dan Tahun Baru

Panglima TNI: TNI Siap Bantu Polri Amankan Natal dan Tahun Baru
  Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (dok. Puspen TNI)
 19 Desember 2017 12:48:22 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - TNI siap mengerahkan pasukan membantu Polri dalam pengamanan perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, termasuk turut serta membantu pengamanan arus mudik dan arus balik.

Hal tersebut dikatakan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melalui video conference bersama Menko Kemaritiman, Kapolri, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, Menteri Perhubungan, Dirut Pertamina, dan Dirut Jasa Marga kepada seluruh unsur pimpinan daerah se- Indonesia dalam rangka menghadapi Natal tahun 2017 dan Tahun Baru tahun 2018, di Ruang Pusdalsis lantai 5, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (18/12/2017).

Panglima TNI juga menyampaikan kepada seluruh jajaran Kotamaops TNI untuk membantu pelaksanaan kegiatan tersebut dan melaksanakan koordinasi dengan aparat Kepolisian secara ketat di wilayah.

"Semua operasi telah dikoordinasikan dan disiapkan baik sebelum, pelaksanaan dan setelah pelaksanaan kegiatan pengamanan berlangsung," jelasnya.

lanjutnya, dia mengatakan bahwa untuk mengantisipasi aksi serangan teroris, Pasukan Khusus TNI dari Satuan Gultor TNI siap untuk mengatasi ancaman terorisme dan mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang memungkinkan dilaksanakan kegiatan operasi.

"Semuanya itu akan digerakan sesuai dengan operasi bantuan kepada Polri atas dasar permintaan," ujarnya.

Menjawab pertanyaan wartawan terkait Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Panglima TNI menegaskan kembali bahwa seluruh kekuatan jajaran TNI yang ada di wilayah siap untuk membantu Polri dalam pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, serta melaksanakan koordinasi dengan Kepolisian, sehingga pengamanan yang diinginkan bisa tercapai.

"Kita akan tunjukkan bahwa TNI dan Polri bersama stakeholder lainnya solid untuk menangani permasalahan-permasalahan ke depan, diantaranya mensukseskan pengamanan perayaan Natal 25 Desember tahun 2017 dan Tahun Baru 2018. Kami (TNI) siap mendukung Polri," tegas Panglima TNI.

(wem)