Panglima TNI: Tingkatkan Diplomasi dan Jaga Persahabatan dengan Negara Sahabat

Panglima TNI: Tingkatkan Diplomasi dan Jaga Persahabatan dengan Negara Sahabat
 (Dok. Puspen)
 05 September 2018 20:38:18 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi TJahjanto menyatakan jadilah diplomat yang baik sebagai diplomatik negara sesuai dengan kebijakan TNI yang diberikan kepada para Atase Pertahanan RI dan Atase Matra dalam rangka meningkatkan diplomasi militer dan menjaga persahabatan dengan negara sahabat.

Hal tersebut dikatakan Panglima TNI didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Nanny Hadi Tjahjanto pada saat pembekalan kepada calon Atase Pertahanan (Athan) RI dan Atase Matra beserta istri bertempat di gedung Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Dalam kesempatan tersebut Panglima TNI menyampaikan bahwa Indonesia baru saja selesai melaksanakan pesta besar olahraga Asian Games ke-18 tahun 2018.

Melalui Asian Games ke-18 yang ditunjukkan mulai dari acara pembukaan, pelaksanaan dan penutupan yang spektakuler dan sungguh luar biasa, telah membuat dunia mengakui keberhasilan Indonesia sebagai penyelenggara pesta olahraga yang diikuti 45 negara.

Ia mengatakan Indonesia telah berhasil meraih 31 medali emas, 24 medali perak dan 43 medali perunggu. Hal tersebut tidak mudah untuk diraih, sebelumnya pada Asian Games di Korea Selatan hanya mendapatkan empat medali emas.

Keberhasilan Indonesia dalam penyelenggaraan Asian Games ke-18 menjadi bagian materi yang dapat digunakan sebagai bahan cerita yang sangat positif bagi para calon Athan RI beserta istri di negara-negara sahabat tempat bertugas.

Selain itu, kata dia, Indonesia memiliki keragaman sosial budaya, kesenian, pakaian dan kuliner dari Sabang sampai Merauke, diperlukan promosi untuk lebih mengenalkan Indonesia kepada negara-negara sahabat di manapun para calon Athan RI ditugaskan.

Panglima TNI juga mengatakan, para calon Athan RI beserta istri harus dapat menjaga nama baik Indonesia dan TNI serta meningkatkan hubungan baik dengan staf lokal Athan RI dari negara-negara sahabat.

Selain itu juga menjaga hubungan baik dengan para Athan negara lain yang berada di negara tempat para calon Athan RI bertugas.

Lebih lanjut, Duta Besar dan Berkuasa Penuh RI adalah wakil negara dan para Perwira TNI yang bertugas sebagai Athan RI merupakan wakil Panglima TNI harus bijaksana dan patuh dalam melaksanakan tugas.

(Puspen TNI/Andreas)