Panglima TNI: CARM Indosin HLC Perkokoh Hubungan Kedua Angkatan Bersenjata

Panglima TNI: CARM Indosin HLC Perkokoh Hubungan Kedua Angkatan Bersenjata
 (Dok. Puspen)
 10 Juli 2018 21:13:41 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan forum tahunan Combined Annual Report Meeting (CARM) Indonesia Singapore (Indosin) High Level Committee (HLC) adalah sarana dalam menjajaki berbagai peluang strategis untuk memperkokoh hubungan antara kedua Angkatan Bersenjata.

Hal tersebut dikatakannya dalam sambutan pada acara jamuan makan malam Sidang ke-21 CARM Indosin HLC, bertempat di Leo and Capricorn Ballroom, Marina Mandarin Hotel, Singapura, Senin malam (9/7/2018) waktu setempat.

Panglima TNI selaku Ketua Delegasi Indonesia menyampaikan ucapan selamat atas kenaikan pangkat Panglima Angkatan Bersenjata Singapura Mayor Jenderal Melvyn Ong menjadi Letnan Jenderal terhitung mulai 1 Juli 2018.

"Saya yakin dan percaya di bawah kepemimpinan Letnan Jenderal Melvyn Ong, Angkatan Bersenjata Singapura akan semakin maju, demikian pula dengan kerja sama antara TNI dan SAF juga akan semakin erat dan memberi manfaat bagi kedua negara," ucapnya.

Ia menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas penerimaan Letnan Jenderal Melvyn Ong dan segenap delegasi HLC Singapura yang penuh dengan persahabatan sejak ketibaan di Paya Lebar Air Force Base.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI mengatakan bahwa kerja sama bilateral merupakan sebuah keniscayaan dalam lingkungan regional dan global, serta dalam menghadapi berbagai tantangan dewasa ini.

Lebih lanjut, ia mendorong para peserta Sidang CARM Indosin HLC ke-21 yang akan dilaksanakan pada 10 Juli 2018 untuk terus mencari peluang inovatif guna meningkatkan kerja sama dalam menjawab berbagai tantangan yang semakin kompleks.

"Ide-ide baru harus dapat mendukung kepentingan kedua belah pihak, saling menguntungkan serta berlandaskan semangat saling menghormati integritas dan kedaulatan masing-masing negara," ujarnya.

Sementara itu, Pangab Singapura Letnan Jenderal Melvyn Ong selaku Ketua Delegasi Singapura mengatakan bahwa Indonesia dan Singapura merupakan teman dekat dan tetangga baik serta memiliki hubungan bilateral yang kuat dan komprehensif yang telah dikembangkan selama bertahun-tahun.

Menurut dia, pengalaman Indonesia dan Singapura dalam berinteraksi dan berlatih bersama telah membantu kedua negara bekerja sama secara efektif, "seperti bunyi peribahasa berat sama dipikul, ringan sama dijinjing".

Pangab Singapura menyampaikan bahwa kehadiran sahabat dari TNI pada acara makan malam ini merupakan kehormatan bagi SAF.

Jamuan makan malam ini adalah penghormatan kepada sahabat TNI untuk kerja keras dan dedikasinya untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

(Puspen TNI/Hadi)