Pangkogasgabpad: Mari Kita Satukan Tekad Bekerja Tulus dan Ihklas untuk Membantu Masyarakat Lombok

Pangkogasgabpad: Mari Kita Satukan Tekad Bekerja Tulus dan Ihklas untuk Membantu Masyarakat Lombok
 (Dok. Puspen)
 01 September 2018 10:50:34 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Mengawali tugas yang dipercayakan oleh negara kepada jajaran Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Panglima Kogasgabpad Mayjen TNI Madsuni mengajak kepada seluruh jajaran untuk menyatukan tekad dan semangat dalam membantu masyarakat Lombok yang mengalami musibah.

Hal tersebut disampaikannya dihadapan awak media usai meninjau pembersihan puing-puing rumah penduduk yang dilakukan oleh prajurit TNI di Desa Medana Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara, Jumat (31/8/2018).

"Mari kita bekerja dengan tulus, ihklas dan tuntas membantu saudara-saudara kita di Lombok khususnya yang menjadi korban gempa bumi agar segera bangkit," ujarnya.

Pangkogasgabpad mengatakan, saat ini pola penanganan rehabilitasi dan rekontruksi di Lombok dan Sumbawa dibagi menjadi empat sektor atau wilayah tanggung jawab.

Sektor pertama membawahi Mataram, Lombok Tengah dan Lombok Barat, sektor kedua wilayah Lombok Utara, sektor ketiga Lombok Timur dan sektor keempat mencakup wilayah Sumbawa dan Sumbawa Barat.

"Untuk kecepatan penanganan masing-masing sektor dibentuk gugus tugas yang menangani tentang pemukiman dan infrastruktur, sosial dan ekonomi serta penanganan pengungsi," tegasnya.

Dijelaskannya, Kogasgabpad dibentuk dengan melibatkan berbagai unsur kementerian dan lembaga antara lain TNI, Polri, Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta relawan yang bertugas untuk membantu percepatan rehabilitasi dan rekontruksi penanganan korban secara terpadu termasuk mekanisme pemberian bantuan logistik kepada masyarakat.

"Saat ini pemberian bantuan logistik diajukan dari bawah yaitu melalui Babinsa, Danramil sampai Dansektor, kemudian diajukan ke Kogasgabpad. Dengan harapan bantuan yang diberikan tepat sasaran dan cepat diterima oleh masyarakat yang membutuhkan," jelasnya.

(Puspen TNI/Hadi)