Pancasila Penentu Arah Dalam Bersaing

Pancasila Penentu Arah Dalam Bersaing
 Presiden Joko Widodo (Istimewa)
 12 Agustus 2017 14:46:00 wib
Share :

Kabar7, Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadiri peluncuran program penguatan pendidikan Pancasila di halaman belakang Istana Bogor, Sabtu (12/8/2017).

Dalam acara tersebut, Jokowi menyampaikan, pancasila bagaikan bintang yang jadi arah bangsa dalam berkompetisi dengan negara-negara lain.

"Tanpa ada sebuah bintang pengarah, tanpa ada sebuah ideologi yang mengarahkan, akan sulit bertarung, berkompetisi dengan negara-negara yang lain. Mengarahkan kembali cita-cita kemerdekaan itu kemana, ideologi itulah yang mengarahkan kita. Siapa ideologi itu, Pancasila," katanya, dikutip dari Antaranews.

Tak hanya menentuka arah, pancasila juga mampu menyatukan bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, bahasa, sampai agama.

Dengan total 240 juta penduduk, 17 ribu pulau, 714 suku, serta 1.100 lebih bahasa, Indonesia menjadi negara yang rawan gesekan. Namun hal tersebut dapat tangkal dengan pancasila. Karena ideologi yang digagas para pendiri bangsa ini telah menyatukan semua perbedaan tersebut.

"Pancasila yang menyatukan kita di sini, karena kita memang berbeda, itu yang harus kita sadari bersama. Jangan yang satu merasa benar sendiri, yang satu merasa pinter sendiri, yang satu merasa betul sendiri. Kita berbeda-beda, ini perlu yang kita ingatkan," ucap presiden.

Untuk diketahui, dalam acara tersebut, Jokowi berbicara di depan 540 mahasiswa dan dosen. Mereka yang hadir merupakan perwakilan dari 510 perguruan tinggi negeri dan swasta.

(**)