Pancasila Harus Dipertahankan Demi Keutuhan NKRI

Pancasila Harus Dipertahankan Demi Keutuhan NKRI
 (*)
 16 September 2017 17:50:34 wib
Share :

Kabar7, Medan - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Pendidikan Kebangsaan: "Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Nasional" yang digelar di kampus Universitas Khatolik Santo Thomas, Medan, Sabtu (16/9/2017).

Dalam acara ini, Tjahjo berbicara tentang keberagaman dalam balutan Bhineka Tunggal Ika yang harus dijaga guna mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Bhinneka Tunggal Ika yang dimiliki bangsa Indonesia itu, harus tetap kita jaga dan pertahankan, jangan sampai terpecah belah, karena akan merugikan negeri tercinta ini," kata Mendagri.

Tjahjo menyebutkan tidak dibenarkan jika ada seseorang atau kelompok yang menentang atau coba mengganti Pancasila sebagai negara dengan cara mengusik keberagaman.

"Jadi, siapapun orangnya, kelompok, organisasi masyarakat (Ormas) dan lainnya yang ada di negara ini, tidak dibenarkan menentang atau mencoba untuk mengubah Pancasila," ujar Tjahjo.

Pancasila, lanjut Tjahjo, merupakan dasar negara yang telah menjadi perjanjian luruh dan sumber utama lahirnya peraturan peratura. Maka dari itu Pancasila harus dijaga dan dilindungi.

"Mahasiswa juga harus ikut bertanggung jawab, dalam menjaga keutuhan Pancasila sebagai ideologi negara, karena hal ini menyangkut NKRI," tuturnya, dikutip dari Antaranews.

(**)