Nyambi Jadi Pengedar Obat, Rini Ditangkap Polisi

Nyambi Jadi Pengedar Obat, Rini Ditangkap Polisi
 ilustrasi (istimewa)
 08 September 2017 11:33:17 wib
Share :

Kabar7, Demak - Polres Demak, Jawa Tengah (Jateng) berhasil mengamankan seorang ibu rumah tangga yang nyambi menjadi pengedar obat terlarang, excimer.

Wanita tersebut yakni Rini Supriyanti ( 35 ), warga Desa Kebonbatur RT 04 RW 22, Kecamatan Mrangggen, Demak. Ia ditangkap di rumahnya dengan barang bukti ribuan pil excimer yang diamankan petugas.

"Kita amankan wanita paruh baya karena diduga mengedarkan pil excimer. Pil warna kuning ini termasuk obat terlarang karena tidak dijual bebas. Ini masih kita lakukan pemeriksaan intensif, " kata Kapolres Demak AKBP Sonny Irawan, saat dikondirmasi, Jumat (8/9/2017).

Penangkapan berawal dari laporan masyarakat yang menduga rumah Rini kerap menjadi tempat transaksi jual beli obat terlarang. Petugas kemudian menindaklanjuti laporan tersebut dengan malakukan penggerebekan di kediaman Rini. Benar saja, saat penggerebekan tersangka baru saja melayani pelanggannya yang membeli excimer.

"Setelah kita geledah tempat tingalnya, ternyata ditemukan pil excimer sebanyak 1.345 butir. Pil warna kuning berlogo MF ini sudah dikemas dalam plastik dan siap dijual," ucapnya.

Sonny menerangkan, pil excimer ini merupakan golongan obat anti psikopatik. Obat tersebut diperuntukan bagi penderita gangguan mental. Pengguna pil ini juga harus dalam pengawasan dokter karena bukan obat bebas.

"Tersangka ini melanggar pasal 196 , subsider pasal 198 UU RI Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan," tutur Sonny yang dikutip dari Kompas.

(**)