Negara Harus Hadir Melindungi Seluruh Rakyat Indonesia

Negara Harus Hadir Melindungi Seluruh Rakyat Indonesia
 Presiden Joko Widodo (istimewa)
 03 Oktober 2017 14:28:07 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadiri acara Pencanangan Aksi Nasional Pemberantasan Obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat di Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (3/10/2017).

Pada kesempatan tersebut, Jokowi meminta BPOM, pemerintah daerah dan lembaga-lembaga lain untuk bekerjasama mengawasi peredaran obat dan makanan secara menyeluruh.

Ia menngingikna untuk seluruh lembaga yang memiliki peran terhadap pengawasan obat dan makanan tidak terlalu mempersoalkan urusan birokrasi yang dapat memperlambat sinergi antar-lembaga.

"Sekat-sekat birokrasi harus dihilangkan, diruntuhkan. Jangan sampai perlindungan nyawa anak, nyawa generasi muda Indonesia dikalahkan hanya untuk urusan-urusan birokrasi dan prosedur," kata Jokowi.

"Dikalahkan urusan surat menyurat, urusan kertas, urusan pengelolaan pos anggaran. Jangan kita berkutat pada hal-hal seperti itu," lanjutnya, dikutip dari Tribunnews.

Kerjasama dan sinergi antara lembaga satu sama lainnya sangat penting agar pengawasan lebih efektif. Ini merupakan bentuk kehadiran negara untuk melindungi rakyat Indonesia dari peredaran obat dan makanan ilegal.

"Negara harus hadir dengan perlindungan pada segenap bangsa dan seluruh rakyat Indonesia," pungkas Jokowi.

(**)