Mengenal Singkat Muslimah Penguasa Negeri Singa, Halimah Yacob

Mengenal Singkat Muslimah Penguasa Negeri Singa, Halimah Yacob
 Halimah Yacob (istimewa)
 13 September 2017 12:06:37 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Hari ini (Rabu, 13/9/2017), Halimah Yacob akan dilantik menjadi Presiden Singapura. Halimah jadi perumpuan muslim pertama yang akan jadi penguasa di negeri singa tersebut.

Pasalnya dari empat calon kandidat yang mendaftar dalam pemilu presiden di Singapur, hanya Halimah yang mendapat setifikat kelayakan sebagai calon presiden dari dari Departemen Pemilu Singapura.

Halimah ini bukan orang baru di dunia politik. Ia merupakan perempuan pertama yang sebelum menjadi ketua DPR Singapura. Istri dari seorang pengusaha, Mohammed Abdullah Alhabshee ini juga merupakan tokoh yang terkenal dikalangan buruh.

Sejak dia lulus kuliah tahun 1978 dari Fakultas Hukum Universitas Singapura (sekarang National University of Singapore), Halimah ikut organisasi buruh yakni National Trades Union Congress (NTUC). Selama 30 tahun Halimah menghabiskan waktunya di organisasi tersebut.

Perempuan yang lahir 23 Agustus, tepatnya 63 tahun silam di Queen Street yang terletak di area Bugis ini berlatar belakang dari keluarga yang pas-pasan. Masa kecilnya terbilang sulit untuk dilewati.

Ibu Halimah hanya seorang pedangan makanan. Halimah rajin membantu ibunya sejak kecil. Bahkan ketika SMA, dia kerap bolos hanya untuk membantu ibunya. Namun masa-masa sulit yang dijalani Halimah dengan penuh semangat bekerja, kini berbuah manis. Tanpa harus melalui pemilu, dia berhasil menjadi Presiden Singapura.

Halimah berjanji akan memberikan yang terbaik untuk rakyat Singapura. "Itu tidak akan berubah apakah ada pemilu atau tidak ada pemilu," tegas Halimah seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (12/9/2017), dikutip dari Detik.

"Semangat dan komitmen saya untuk melayani rakyat Singapura tetap sama. Saya tetap berkomitmen penuh untuk mengabdi pada rakyat Singapura dan pada negara Singapura," tuturnya.

(dbs/*)