MENDIKBUD GAGAS TEMA PERCEPATAN PENDIDIKAN MERATA dan BERKUALITAS

MENDIKBUD GAGAS TEMA PERCEPATAN PENDIDIKAN MERATA dan BERKUALITAS
 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi
 02 Mei 2017 11:36:55 wib
Share :

Kabar7, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengusung tema percepatan pendidikan yang merata dan berkualitas dalam peringatan Hari Pendidikan Nasioanl (Hardiknas), Selasa (2/5/2017).

Tema dipilih karena dinilai berkaitan erat dengan fenomena perubahan dunia yang begitu capat dan menuntut kualitas tinggi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi meminta, semua pihak bisa merenungkan dan ikut mewujudkan hal tersebut bersama-sama.

"Dengan begitu, maka seluruh lapisan masyarakat akan dapat menjangkau layanan pendidikan yang berkualitas," kata Muhadjir.

Lewat pendidikan yang merata berkualitas, maka amanat pembukaan Undang-Undang Dasar yakni mencerdasakan kehidupan bangsa bisa dicapai.

Seperti peringatan Hardiknas sebelumnya, Mendikbud juga kembali ingatkan peran besar Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara, dalam merintis pendidikan.

Katanya, pemikiran Ki Hadjar Dewantara masih relevan dalam membangun pendidikan pada saat ini.

"Baik berupa gagasan, pemikiran, maupun terawang masa depan. Oleh sebab itulah gagasan dan pemikiran beliau tetap relevan dan menjadi acuan bagi pembangunan pendidikan nasional kita," ujar dia.

Gagasan Bapak Pendidikan Nasional tesebut juga menjadi landasan dasar visi Prsesiden Joko Widodo dalam memajukan pendidikan nasional.

Dalam visi itu, pemerintah ingin menciptakan peserta didik yang memiliki karakter kuat, menguasai bidang keterampilan hidup, vokasi dan profesi, agar kelak membawa masa depan Indonesia kearah yang lebih baik.

"Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersiap melakukan reformasi pendidikan nasional baik pada tataran konseptual maupun manajerial," kata dia.

(hd)